Thursday, December 23, 2021

Menurunkan Ekspektasi, Berdamai Dengan Keadaan


Setelah menikah, lalu memiliki anak membuat saya beradaptasi dengan banyak sekali hal. Kini tidak hanya ada aku, tapi juga kami. Beberapa hal harus dipertimbangkan sebelum memutuskan sesuatu. Banyak kompromi yang dilakukan, ada hal hal yang lebih prioritas. Untuk apa? ~ tentu saja demi keberlangsungan kehidupan pernikahan dan ketenangan hidup. 

Tuesday, December 21, 2021

Terlahir Menjadi Ibu


I'll be honest and it sounds cliche, but I don't miss the life that I had before you got here. I miss the free time, I miss being able to sleep longer than three hours. But I don't miss who I was. You don't have to have a child in this life to feel complete. But when a child is born, so is a mother. And I let motherhood wash over me in warm waves. It was like someone cut out my heart and placed it on my chest the first time I saw you. You are perfect. And even on those long, sleepless nights of spit up and diaper changes and crying - both of us. I hope you know that you're perfect for me, and maybe I'm perfect for you <3 ~ Katya and her brother in my tummy :*

Friday, December 10, 2021

Susahnya Jadi Perempuan


Semakin bertambahnya usia, semakin bertambah dewasa, apalagi setelah punya anak saya lebih mudah berempati pada orang lain. Tidak mudah menghakimi keputusan orang lain. Juga enggan mencampuri urusan orang lain. Selain karena akan menghabiskan energi saya dengan sia sia saya juga sudah punya banyak hal penting yang harus diurus. Malas sekali rasanya membicarakan apa apa yang sedang viral di sosial media, membahasnya hanya karena semua orang melakukannya. Cukup menjadi bahan obrolan saya dan Pak suami hingga menjadi refleksi kami dalam berbuat di kehidupan sehari hari. 

Sunday, November 21, 2021

Kehamilan Kedua


Kaget nggak denger judulnya? ~ saya sendiripun kaget kok *menertawakan diri sendiri*

Masih segar dalam ingatan ketika saya mengetahui bahwa saya sedang mengandung anak kedua, adiknya Katya. Perasaan saya campur aduk. Gabungan beragam perasaan. Senang, takut, kaget, galau. Mix feeling banget. Saya tidak menyangka kalau akan dikaruniai kehamilan kedua begitu cepat. Tanpa drama nangis nangis minta sama Allah :') 

Sunday, October 31, 2021

Cita Cita Receh Yang Tercapai Karena Katya


Saya sudah lama mengidam idamkan hal ini. Hal-hal receh yang mungkin tidak semua orang mengidam idamkannya. Dan kayaknya akan terwujud kalau saya punya anak. Lalu lahirlah Katya ketika pernikahan kami memasuki tahun ketiga. Satu persatu cita cita tersebut terwujud. Setelah terwujud rasanya ada kebahagian kebahagian kecil di dalam hati. Wah ternyata begini rasanya *senyum lebar*

Dua Bulan Sebelum 2022


Halo, selamat malam ...

Postingan ini ditulis di antara suara dengkuran halus Pak suami dan Katya. Hanya saya yang masih tersadar. Tumben, biasanya saya ikut tertidur ketika menemani Katya tidur. Setiap malam saya menghabiskan waktu seperti itu. Karena saya sudah tidak punya tenaga di malam hari. Seringkali merasa sangat mengantuk. Udara malam ini cukup dingin, apa karena sore tadi hujan turun ya. Iya, akhir akhir ini hujan sering datang. Rasanya musim hujan sudah hadir. 

Wednesday, September 29, 2021

Perjalanan MPASI Katya

    

Katya memulai perjalanan mpasi (makanan pendamping asi) di usianya yang tepat menginjak enam bulan. Sesuai petunjuk dokter. Saya cukup deg degan sekaligus excited kala itu. Saya deg degan, tentang bagaimanakah respon Katya. Apakah perjalanan makan ini akan berjalan lancar atau tidak. Sayapun excited untuk menyiapkan segala perintilan makan. Mulai dari sendok, mangkuk, piring, bib makan, dan high chair. Beruntung high chair dapat kado dari tantenya Katya, yess Ibu tak perlu beli. Namun yang paling penting dari semuanya adalah bahwa Katya siap untuk belajar makan. Indikatornya apa? sudah bisa duduk dengan seminimal mungkin bantuan, sudah tertarik melihat makanan padat, ketika ibu atau bapak makan Katya sudah excited mau ikutan coba, dan tentu saja sudah menginjak usia enam bulan. 

Saturday, July 31, 2021

Usia 31, Pandemi dan Kebiasaan Kebiasaan Baru


Juli ini saya berusia 31. Waw sudah lewat angka 3. Benar benar waktu terasa berjalan begitu cepat. Sudah ngapain aja?

Usia 31. Pikiran saya dipenuhi hal hal serius semacam tabungan pendidikan anak, rumah masa depan dan mencukupkan dana darurat. Jarang sekali dihinggapi kalimat kalimat puitis untuk ditulis di lembar buku notes. Yah, usia tidak pernah bohong. Meskipun kata orang usia hanya sebuah angka.

Friday, July 30, 2021

Perdebatan Perdebatan Dunia Maya dan Beratnya Menjadi Orang Tua


Di tengah derasnya arus informasi saat ini, menjadi orang tua semakin berat. Tantangan yang harus dihadapi para orang tua semakin besar. Generasi milineal macam saya ini bisa pening kepala melihat beragam info yang berseliweran di internet terkait dengan membesarkan anak. 

Apakah membesarkan anak di jaman dahulu tidak berat?

Saya rasa tetap juga berat, karena jadi orang tua sampai kapanpun tidak akan mudah. Tanggung jawabnya sungguhlah besar. Tetapi mungkin yang menyebabkan dulu para orang tua tidak terlalu pening karena tidak dipengaruhi oleh berbagai macam informasi. Tak ada internet, televisi cuma satu dua, siaran radio kadang ada kadang tidak, para nakes belum sampai ke pelosok kampung. Tak banyak juga berita berita heboh soal cara cara membesarkan anak yang menyeruak ke permukaan. Paling banter dari mulut ke mulut dan tak seberapa. Cara cara dalam membesarkan hanya berdasarkan kisah turun temurun, seperti yang dilakukan oleh para tetua sebelumnya. Dari yang masuk akal sampai yang tidak masuk akal. 

Tuesday, June 22, 2021

Main Ke Ruang Terbuka Hijau Petemon


Minggu lalu kami main ke salah satu Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang ada di Kota Mataram. Saya yakin banyak yang belum tahu tentang RTH ini. Banyak sekali yang bertanya tentang RTH ini sejak saya memposting foto-fotonya di story IG. Sayapun awalnya begitu, tidak memperhatikan soal keberadaan RTH ini. Padahal saya sering melewati papan nama/petunjukknya yang ada di pinggir jalan. Suatu hari, saya dan pak suami menyadari soal papan nama RTH ini lalu berjanji kapan kapan akan mengunjunginya. Ternyata, hari berganti hari bulan berganti bulan kami tidak juga datang ke sana. Hingga tahun berganti tahun dan Katya sudah berumur satu tahun lebih barulah kami bisa berkunjung ke sana. 

Tuesday, June 15, 2021

Hal Tak Terduga Setelah Melahirkan


Meskipun saya sudah menyiapkan banyak hal sebelum melahirkan termasuk dengan membaca tentang melahirkan, menyusui dan proses proses setelahnya namun ternyata merasakannya sendiri secara langsung memberikan banyak kejutan. Melaluinya secara langsung membuat saya kadang manggut manggut setuju dengan apa yang saya baca sebelumnya. Ataupun membuat saya bertanya-tanya, kok gini kok gitu, harus bagaimana dan lain sebagainya. Kehamilan memberikan banyak sekali perubahan pada diri saya, baik secara fisik ataupun secara psikis. Secara fisik sih jelas ya, badan jadi lebih besar, berat badan naik berkilo kilo. Kalau secara psikis di masa hamil saya merasa jadi lebih sensitif dan lebih manja. Mual muntah di trimester pertama yang saya rasakan juga lumayan menguras energi dan bikin kewalahan. 

Setahun Tanpa Televisi

Sebuah rahasia kecil akan saya bagi hari ini, bahwa di rumah kami tidak ada televisi. Televisi yang kami beli di masa awal menikah dulu sudah lama rusak. Dan kami tidak berniat memperbaikinya karena setelah tanya sana sini untuk memperbaikinya perlu biaya yang hampir sama dengan harga televisi baru. 

Sunday, May 30, 2021

Empat Tahun Pernikahan

Tidak biasanya saya lupa tanggal tanggal penting. Tapi tidak untuk kali ini. Saya lupa kalau hari itu adalah hari ulang tahun pernikahan kami. Tapi ternyata bukan hanya saya yang lupa tapi Pak suami juga lupa *tepokjidat. Kalau doi lupa sih sudah biasa ya, tak perlu berharap banyak...wkwk.