Monday, February 26, 2024

2024 ~ Katya Ulang Tahun Yang Ke Empat

Februari 2024, yang artinya tahun ini Katya berumur empat tahun. Aaaaak bayikuuuu sudah empat tahun, masyaallah tabarakallah, alhamdulillah. 

Saya selalu terharu ketika Katya ber-ulang tahun. Mengingat betapa dia kami tunggu tunggu dan dia yang mengajarkan saya banyak sekali hal pertama dalam hidup saya. Tidak hanya hidup saya tapi juga hidup Pak suami, Bapaknya Katya. Ketika dia terlahir saya juga terlahir menjadi Ibu, dan Pak suami terlahir menjadi Bapak. Menjadi orang tua. Tidak pernah saya begitu menunggu sesuatu seperti saya menunggu Katya waktu itu. Rasanya mendebarkan. Sejak proses menunggu itu, dia telah mengajarkan banyak hal kepada kami. 

Katya tumbuh sehat tanpa kurang sesuatu apapun. Setiap bertambah usia dia semakin menunjukkan perkembangan yang membuat saya kadang amazed. Kayak mikir "kok bisa sih anak umur segini begini, anak umur segini begitu". Saking kadang nggak habis pikir dengan tingkah dan perkataannya. Dia semakin ceriwis, segala macam harus ada jawabannya. Soal berkomentar sih nomor satu, tidak hanya itu dia juga sudah pintar berdebat. Ya Allah kadang sampai speechless. Dia bisa dalam sekejap membalikkkan kata kata saya. Astagaaaaa. Ibunya jadi istigfar nggak boleh ngomong keras, apalagi kasar. Di satu sisi saya senang dengan perkembangan ini. Logika berpikirnya jalan, dipancing dikit bisa keluar semua cerita dan pertanyaannya. Apalagi kegiatan bercerita adalah kegiatan favorite dia sampai sekarang. Orang tuanya harus punya banyak stok cerita. 

Saya rasa setelah punya adek Katya semakin memperlihatkan sisi penyayangnya. Dia mudah sekali tersentuh. Dan ikutan sedih kalau adeknya ditegur/dimarahin. Dia pasti akan langsung bilang "jangan marahin adek" atau "jangan gituin adek". Lalu ibunya langsung nyadar.... Katya seperti alarm pengingat, yang membuat saya selalu berusaha di jalur yang benar. Tidak jarang dia protes soal segala macam. Tentang kenapa dia tidak boleh makan yuppy atau coklat terlalu banyak, kenapa tidak boleh makan snack snack sedangkan teman temannya boleh, tentang kenapa begini kenapa begitu. Tapi sampai saat ini dia tidak pernah protes kenapa dia harus sekolah. Alhamdulillah banget dia selalu happy berangkat sekolah sejak KB A dulu. Dia juga seringkali mempraktekkan apa yang dia dapatkan di sekolah, termasuk baca iqro yang senang banget diulang di rumah sama Ibu. Walaupun yah ada aja momen momen "aku capek ibu, nggak mau ah" ~

Katya pertama kali membuat saya harus menjadi orang yang lebih baik, menjaga tingkah laku dan tutur kata saya. Karena ada dia dan adeknya yang bisa jadi peng-copy-paste ulung. Sangat mencengangkan melihat bagaimana anak anak bisa menirukan apa apa yang dia lihat dan dengar dari orang tuanya. 

Melihat Katya tumbuh baik sehat ceria adalah doa saya selalu. Segala doa yang terbaik buat Katya, semoga langkahnya dipermudah dalam menimba ilmu dan selalu terpelihara rasa senang belajar dalam dirinya. We LOVE you Kakak!

No comments:

Post a Comment