Monday, February 12, 2024

Serba Serbi Bekal Anak

Sebelum bikin #BekalKatya yang isinya bekal untuk anak anak, saya sudah lebih dulu bikin #BekalNyonyaFatih yang tentu saja bekal buat Pak suami ngantor. Sejak menikah mulai bikin bekal buat Pak suami, awalnya biar dia gampang makannya nggak perlu keluar beli. Apalagi waktu itu Pak suami sering tugas ke Bandara. Semangat banget bikin bekal, dari makanan berat, cemilan dan buahnya. Semua siap sedia. Ditambah sedang program anak jadi makin rajin bikin bekal, supaya makanan yang dikonsumsi jelas nutrisinya dan terjamin kebersihannya. Tapi ternyata bikin #BekalNyonyaFatih leluasanya ketika belum punya anak, karena setelah ada anak semuanya ambyar...wkwkwk. Banyak sekali perubahan yang terjadi sehingga nggak semudah dulu nyiepin bekal untuk Pak suami.

Sejak Katya sekolah jadilah Ibu bikin bekal buat sekolahnya Katya. Plus adek Khalif ke daycare juga jadi sama sama bawa bekal. Pagi pagi fokusnya nyiepin bekal buat anak anak dan sarapan seluruh keluarga. Sejauh ini sudah terbiasa bangun lebih pagi, setelah beribadah langsung ke dapur. Rasanya happy happy aja karena pada dasarnya saya memang suka masak, platting bekal adalah kebahagiaan tersendiri bagi saya. Saya juga senang melihat bekal bekal yang berseliweran di IG. Amazed juga dengan ibu ibu di IG yang bisa bikin bekal dengan berbagai macam bentuk lucu, pasti butuh effort yang nggak biasa kaaan. Asli terniat. Meskipun saya nggak muluk muluk, nggak harus bikin bekal dengan berbagai macam bentuk karena waktunya nggak cukup ... tolooong haha. 

Tiga hal yang menjadi konsen saya dalam membuat bekal adalah kotak bekal dan isi makanannya.

1. Kotak Bekal 

Sebelum membuat bekal memilih kotak bekal yang tepat adalah hal yang penting. Harus diingat bahwa yang akan membawa bekal adalah anak anak usia Paud/TK jadi pilihan kotak bekal harus disesuaikan dengan kebutuhan anak anak seusia mereka. Hal ini termasuk botol minum yang digunakan anak anak. Beberapa hal yang bisa dicek terkait kotak bekal adalah:

  • Ukuran 
Bagi saya ukuran kotak bekal yang pas untuk anak anak sangat penting. Memilih kotak bekal dengan ukuran anak anak, tidak terlalu besar dan compact sehingga mudah dibawa oleh anak. Ibu ibu sekalian pasti bisa menyesuaikan dengan anak masing masing segimana ukuran kotak bekal yang pas untuk mereka.
  • Material/Bahan
Penting sekali untuk memilih material kotak bekal yang aman bagi kesehatan. Terbebas dari bahan bahan beracun. Selain itu memilih material/bahan yang tidak berat, harus ringan, jadi tidak menyulitkan anak ketika membawanya. Ntar kalau kotak bekalnya aja sudah berat bisa tambah berat kalau ditambah isinya. 
  • Anti Tumpah/Tidak
Sekarang sudah banyak banget kotak bekal yang punya teknologi anti tumpah plus anti geser geser. Ini bermanfaat banget sih untuk mencegah makanan tercampur sehingga mempengaruhi selera anak untuk memakan bekalnya. 
  • Mudah Dibuka/Tidak
Pastikan kotak bekal yang kita sediakan mudah dibuka atau ditutup oleh anak. Karena anak di sekolah tujuannya kan untuk belajar mandiri dan gurunya tidak bisa sepanjang waktu ada di sisinya untuk bukain kotak bekal jadi pastikan kotak bekalnya bisa ia buka/tutup sendiri dengan mudah. 
  • Motif
Menurut saya motif kotak bekal ini penting nggak penting. Saya sendiri lebih memilih kotak bekal yang minim motif atau nggak pake motif sekalian, biar nggak pusing liat motif yang terlalu rame. Atau bisa juga memilih kotak bekal dengan motif yang disukai anak anak jadi bisa bikin mereka lebih bersemangat makan bekalnya di sekolah. 

2. Isi Makanannya

Beberapa prinsip yang saya terapkan pada isi bekalnya anak anak adalah:
  • Jenis 
Makanan yang ada di kotak bekal Katya pada dasarnya terdiri dari makanan yang rasanya manis, gurih dan buah. Mengandung bahan bahan yang dibutuhkan oleh tubuh, karbohidrat, lemak, protein, vitamin dan mineral. Cailah...namanya juga usaha menjaga kesehatan dan tumbuh kembang anak. 
  • Variasi
Sebisa mungkin saya memvariasikan makanan yang ada di kotak bekal anak anak. Tujuannya supaya anak anak nggak bosan dan jadi semangat makan bekalnya. Walaupun ada kalanya anak anak akan meminta bekal yang sama berturut turut kalau suka menunya. Menurut saya bikin bekal itu jangan sampai bikin tertekan sampai kepikiran banget mau bekalin apa. Bekali aja dengan makanan yang biasa dimakan sama anak di rumah. 
  • Meminimalisir UPF
Walaupun kadang susyaaah, apalagi Katya sudah ter-influence dengan berbagai macam rasa. Tapi tetap mengusahakan makanan yang Ibu bikin sendiri di rumah.

Untuk bekal anak anak saya memakai beberapa merk dengan harga yang lumayan affordable, karena ternyata banyak kotak bekal yang jauh lebih mahal dari yang saya pakai...wkwkwk. Ini bukan iklan yaaa tapi berdasarkan pengalaman saya merk kotak bekal ini sudah cukup banget, dan memenuhi kriteria kotak bekal yang saya sebutkan. Merk kotak bekal yang saya pakai adalah Lock & Lock, Marcus & Marcus dan Tupperware yang kids series. Merk tersebut banyak dijual di marketplace, silahkan dicek cek. Kalau mau lihat inspirasi #BekalKatya dan #BekalNyonyaFatih meluncur ke IG @uzlifazmiya yaaa :))

kotak bekal Marcus & Marcus

kotak bekal Lock & Lock

Semangat bikin bekal Ibu Ibu, semoga dengan usaha Ibu menghadirkan makanan yang sehat atas ijin Allah menjadikan anak anak sehat, cerdas, ceria di sekolah. Love.

No comments:

Post a Comment