Monday, January 1, 2024

Catatan Akhir 2023; Sedih, Cemas dan Senang


Sudah 1 Januari 2024, malah sebentar lagi tanggal 2 Januari 2024 akan segera tiba ketika tulisan ini dibuat. Seharusnya ditulis kemarin ya di hari terakhir 2023. Tapi ya gimana baru mood sekarang haha. Enggak juga sih, kemarin sibuk main kesana kemari. Ngumpul bersama keluarga, makan makan, lalu nyampe rumah sudah capek dan memilih tidur saja. 

Tulisan ini saya persembahkan untuk 2023 yang telah memberikan banyak sekali pelajaran berharga. Meski di awal banyak hal yang bikin sedih, tapi akhirnya bikin senyum lega. Bersyukur atas banyak hal yang telah berhasil saya, kami lewati. 

Di tahun 2023 saya pernah sedih banget setelah keluar dari ruang konsultasi dokter anak. Perasaan saya campur aduk waktu itu, suram. Sedih sampai ke tulang keknya. Lalu pernah mengeluarkan uang yang tidak sedikit jumlahnya untuk cek lab segala macam yang tidak mudah ternyata, karena pasiennya bayi. Saya menguatkan hati untuk tetap tegar menemani anak melewati serangkaian tes. Setelah itu harus kontrol dokter setiap bulan, yang juga kadang bikin saya cemas berlebih. - yang merembet pada kegalauan tingkat tinggi terhadap tumbuh kembang anak. Aseli mikirin tumbang anak aja jungkir balik.

Setelah terlewati begini nggak berasa pernah dirawat di rumah sakit karena DBD. Benar benar tidak menyangka tiba tiba kena DBD. Harus berpisah dengan anak anak dan melihat suami yang kerempongan bolak balik rumah sakit-rumah. Malam pertama nggak bisa bangun dari ranjang rumah sakit saking pusingnya plus nangis nangis ingat anak anak. Lalu juga merasa takut-deg degan tidur di rumah sakit. Perasaan saya sangat tidak nyaman.

Di 2023 juga ditinggalin bibik ART yang jagain si adek dari lahir, duh potek banget ni hati waktu si bibik mau berhenti kerja. Langsung galau gimana si adek kalau Ibu harus ke kampus. Tapi, tidak perlu galau lama lama karena kami membuat keputusan untuk bawa adek ke daycare ketika Ibu ke kampus. Siapa sangka keputusan ini membawa perubahan besar yang positif pada adek. Alhamdulillah. Cerita soal daycare bisa langsung klik di sini.

Meskipun banyak cerita sedih, cemas dan galau yang melanda ada hal hal lain di 2023 yang bikin senang, semangat dan berbunga bunga.

Di 2023 impian punya hape baru terwujud uhuy, dengan sokongan dana dari donatur terbesar hidup saya saat ini alias Pak suami wkwk akhirnya punya aipon. Makasi yang Ayang sudah membiarkan istrinya yang banyak maunya ini punya hape lebih bagus dari diri sendiri wkwk. Tapi Ayang kan mainannya vespa kan ya :p

Pelajaran baru saya peroleh ketika 2023 memberikan kesempatan proposal PKM saya gol. Oh ini buah dari usaha membuat proposal di waktu mepet dan sesaat keluar dari rumah sakit. Mungkin kalau saya menyerah waktu itu proposalnya sudah gagal sejak awal. Kesempatan yang akan saya ingat sampai kapanpun. Banyak hal baru yang saya peroleh dari golnya PKM ini. Mulai dari penyusunan proposal, pelaksanaan sampai pelaporan. Meski waktu itu rasanya seperti dikejar kejar tapi akhirnya kelar juga. Beberapa hal penting lainnya yang terlaksana di 2023 terkait urusan kampus adalah terlaksananya workshop kurikulum prodi, mahasiswa bimbinngan skripsi pada lulus ujian dan wisuda, lalu tiba tiba ditunjuk jadi GPM. Untuk yang terakhir ini agak deg degan dan bikin kagok sih karena ini adalah pengalaman pertama. Tapi semoga saja saya bisa menjalankannya dengan baik.

Meskipun perjalanannya tidak selalu mulus tapi saya bisa melawan ketakutan ketakutan saya yang terpendam. Tidak denial, menghadapi dan mencari solusinya. Hebat nggak si kamu. Luv.

Eh iya saya juga berani bikin video di IG, tinggal memberanikan diri pakai voice over haha. Saya mulai journaling lagi dan baca buku lagi. Saya sudah kelewatan jauh banget sama teman teman di grup bloger buku yang saya ikuti. Sudah lama hanya memperhatikan dari jauh karena kagok mau nimbrung mulai darimana saking kelamaan nggak ngobrol wkwk. Tapi di tahun ini mau mulai ngobrol lagi ah di grup, dan ikut kegiatannya lagi.

Dua bulan terakhir 2023 saya juga mulai rutin olahraga ke studio. Mencoba jenis olahraga baru dan ya rasanya sangat menyenangkan. Pak suami mendukung penuh apa yang saya lakukan, dia nemenin anak anak selagi saya olahraga. Sayapun bisa olahraga dengan tenang tanpa rasa khawatir. Pelan pelan mengurangi porsi makan dan rutin olahraga akan jadi jalan ninja saya untuk mengembalikan berat badan ke berat badan sebelum hamil. Semangatin doooong ~ yok bisa yok!

Di 2024 saya nggak mau yang muluk-muluk, hanya ingin mempertahankan dan melanjutkan apa apa yang sudah saya mulai. Mempertahankan jauh lebih susah bukan? ~ semoga istikomah ya Buuu.

*Jangan lupa persiapan sekolah lagi, eheeeem 

No comments:

Post a Comment