Tuesday, May 14, 2019

Skincare; Ungkapan Rasa Sayang pada Diri Sendiri



Menggunakan skincare memang bukan hal yang baru bagi saya. Sejak di Sekolah Menengah Pertama (SMP) saya sudah dikenalkan dengan produk perawatan kulit oleh Ibuk, baik itu untuk wajah ataupun untuk badan. Ibuk jugalah yang menanamkan pemahaman bahwa kulit kita harus dirawat. Hal ini adalah bentuk tanggung jawab kita pada badan yang sudah diberikan oleh Allah SWT. Jadi tujuanya memang menjaga, demi diri sendiri, bukan untuk orang lain. Saat SMP saya hanya menggunakan sabun untuk cuci muka, pelembab wajah, lipbalm dan handbody. Jangan bayangkan saya menggunakan lipstik dengan berbagai warna ya, karena jaman saya SMP mana ada anak sekolahan yang pake lipstik. Adanya pada pake lipbalm yang bikin bibir kayak abis makan gorengan lima biji…wkwkwk. Duduk di bangku SMA skincare yang saya gunakan tidak berubah. Jenisnya sama persis dengan pas SMP, paling cuma nambah pake bedak doang. Itupun pake bedak bayi…hihi.

Selepas SMA, masuklah saya ke dalam dunia perkuliahan. Di sini saya merasa lebih dewasa, merasa bukan ABG dan siap untuk mencoba banyak hal baru. Termasuk dalam hal per-skincare-ran. Ibuk menyarankan saya menggunakan pembersih wajah seperti yang beliau gunakan yaitu pembersih dari Viva Cosmetic. Viva cosmetic punya double cleansing yang terdiri dari susu pembersih dan toner. Ibuk sendiri selalu setia menggunakan pembersih dari viva cosmetic ini. Dan ibuk percaya itulah yang membuat kulit wajahnya selalu bersih, tidak pernah berjerawat. Harga pembersih ini juga murah banget, dulu keduanya bisa didapatkan hanya dengan 3.500 rupiah saja. Saat ini harga keduanya sekitar enam ribuan atau tujuh ribuan, dan sangat mudah ditemukan. Baiklah, sayapun mencoba menggunakan double cleansing viva, meskipun tidak secara rutin.

Double Cleansing Viva yang tersohor
Waktu terus berganti, sayapun berkenalan dengan berbagai macam make up. Mulai dari lipstik dengan beraneka warna, bedak, blush on, eyeliner, mascara, eyeshadow, foundation, dan concealer. Empat benda terakhir sangat jarang saya pakai, paling kalau mau kondangan doang. Tidak seperti make up, urusan skincare saya masih di situ-situ saja. Meskipun beberapa waktu terakhir saya memfollow beberapa beauty vlogger yang sering sharing soal make up ataupun skincare. Tapi saya tak kunjung ngeh tentang betapa pentingnya skincare dan ragamnya skincare. Tahu sih tiga tahun terakhir ini dunia make up dan skincare berkembang dengan pesat. Banyak banget merk dan jenis skincare yang ada di pasaran. Apalagi produk-produk skincare dari Korea, beuh siapa yang tidak tahu. Sampai ada 10 langkah skincare rutin Korea, udah pada tahu belum?. Saya membayangkannya saja ribet. Gila aja tiap hari harus sepuluh langkah skincare-an dulu sebelum ngapa-ngapain. Wasting time, I think.

Tapi saya kemakan juga sama godaan memakai Aloevera-nya Nature republic, itupun karena dikasi sih…wkwkwk ~ terus nggak rutin juga saya pake -____-

Saya merasa produk skincare mahal-mahal, kebayang harus beli beberapa produk ~ kayaknya itu juga yang membuat saya tidak kunjung serius pakai skincare.

Sampai pada suatu hari saya menonton sebuah video dari female daily network di episode Skincare 101 – Skincare Routine untuk Remaja & Pemula. Waktu itu saya memang sengaja mencari tentang urutan pake skincare itu gimana, terus nemu deh video itu.  Videonya sudah lama sebenarnya, sudah dari dua tahun yang lalu ~ ya ampun, terus saya baru nonton. Nonton video ini biar tahu gimana cara dan urutan pake skincare yang benar. Karena sempat bingung dengan banyaknya produk skincare. Video yang saya dapatkan itu sangat informatif, jelas dan mudah dipahami. Akhirnya saya tahu bahwa ada beberapa step penting dalam skincare yang tidak boleh dilewatkan. Dan tahu bahwa kunci dari kesehatan kulit yang ingin didapatkan lewat skincare itu adalah KETELATENAN/KERUTINAN pemakaian skincarenya. Terus harus diingat juga bahwa penggunaan skincare ini menjadi investasi kita dalam menjaga diri. Sama dengan yang dikatakan Ibuk dulu.

Langkah Wajib dalam Menggunakan Skincare

Dari video tersebut saya mendapatkan informasi bahwa terdapat empat langkah wajib dalam mengunakan skincare, yaitu:

Cleansing

Dimulai sejak bangun tidur nih. Pas mau wudhu untuk sholat subuh boleh deh tuh sekalian cuci muka pakai sabun khusus untuk wajah. Ini untuk membersihkan minyak-minyak di wajah sehabis tidur. Walaupun saya sendiri jarang banget melakukan ini, saya biasanya pakai sabun cuci muka itu sekalian pas mandi. Kalau wudhu ya wudhu saja…hehe. Bekas make up juga jangan lupa dibersihkan dulu dengan micellar water atau produk cleansing lainnya.

Toning

Terdapat dua jenis toner yang harus digunakan yaitu exfoliating toner dan hydrating toner. Exfoliating toner membantu pelepasan sel-sel kulit mati dari permukaan kulit dan menyeimbangkan pH di kulit. Sedangkan hydrating toner berguna untuk meng-hydrate (memberikan kelembaban) kulit dan mempersiapkan kulit untuk produk selanjutnya, agar bekerja lebih maksimal.

Toner yang saya pakai, The Body Shop British Rose Gel Toner
Moisturizing

Jangan pernah skip step ini. Pilihan produknya banyak banget. Ini pelembab-pelembab yang bisa dipake itu lho, yang sering kalian lihat di toko-toko macam Ponds atau Garnier.

Protecting

Ini juga wajib banget dilakuin. Memproteksi kulit dari sinar matahari. Itu lho produknya yang sering disebut sunscreen. Dari video ini saya baru tahu betapa pentingnya penggunaan sunscreen. Sunscreen mencegah munculnya flek-flek hitam di wajah, mencegah kerutan-kerutan, mencega penuaan dini kulit. Waw saya benar-benar ternganga ~ karena menyadari kalau selama ini saya tidak pernah menggunakan sunscreen. Sebisa mungkin kita harus menggunakan sunscreen lebih dini. Sunscreen sudah terbukti secara ilmiah lho mencegah tanda tanda penuaan kulit. Tentu dengan penggunaan secara rutin, terutama jika beraktifitas di luar rumah. Sunscreen yang direkomendasikan adalah dengan minimal SPF 30. Produk sunscreen sudah banyak, tinggal pilih sendiri.

Sunscreen yang rutin saya pakai saat ini
Produk skincare yang digunakan sebaiknya disesuaikan dengan jenis kulit. Kalian harus tahu apakah kulitmu normal, berminyak, kering, atau berjerawat. Hal ini akan membantu produk bekerja dengan baik dan tepat sasaran.
***
Skincare Favorite

Baiklah, saya kemudian mengelist produk yang bisa dibeli ~ yang sesuai dengan kantong tentu saja. Terus saya jatuh cinta alias pengen banget rangkain produknya The Body Shop yang seri Drop of Youth. Beruntungnya dapat honor *apa ya waktu itu* ~ yang langsung saya pakai untuk beli produk skincare incaran…wkwkwk. Sebelum membeli skincare incaran saya sudah mencoba beragam produk tapi merasa tidak ada yang benar-benar bekerja di wajah saya. Mungkin karena nggak rutin make juga sih…hmmm.

Singkat cerita dapatlah saya produk skincare incaran itu. Happy banget, produknya mudah diaplikasikan, wangi, awet, dan yang paling penting its work for me. Kulit saya menjadi lebih glowing, kenyal dan sehat. Pak suami juga bilang kalau wajah saya jadi lebih berseri, uhuy. Pe-ernya adalah beberapa titik flek yang masih ada di wajah. Ini adalah akibat telat pakai sunscreen…huhu. Saya juga berusaha rutin menggunakan skincare, dua kali sehari, pagi dan malam ~ demi kesehatan kulit yang lebih baik. Alasan saya menggunakan produk The Body Shop Drop of Youth karena produk ini adalah produk yang didesain sebagai anti aging untuk kulit. Di seri ini ada essence dan serum untuk kulit juga, menambah kekencangan kulit. Baru mampu beli tiga produknya aja btw, wkwk. Tapi tiga produk tersebut sudah worth it banget sih untuk wajah. Eh iya, karena seri produk ini tidak ada hydrating tonernya, saya menggunakan toner dari The Body Shop British Rose Gel Toner. Ya ampun ini toner enak banget dipakainya, sangat meng-hydrating, kulit jadi segar dan wanginya itu lhooo ~ Love banget.

Love Banget!
Ternyata setelah punya uang baru bisa beli macam-macam skincare…wkwkwk ~ yook semangat kerja dan nabung biar bisa beli skincare yang oke. Terserah mau pilih drugstore atau highend.

Sekarang sih saya benar-benar meluangkan waktu buat skincare-an sebelum beraktifitas. Ingat, demi masa depan…haha. Sambil sesekali maskeran sendiri di rumah. Kalau kalian gimana? punya produk skincare favorite juga?

Much Love!

No comments:

Post a Comment