Monday, May 6, 2019

Berbuka Puasa dengan Hidangan Khas Lombok; Ayam Bakar Taliwang




Bagaimana kabar puasa hari ini? Semoga teman-teman semua menjalani puasa hari pertama dengan lancar ya.

Kalau boleh nebak pasti pada semangat menyiapkan menu berbuka puasa ya. Maklum hari pertama excited banget. Semua-semua mau dibeli untuk dihidangkan di meja makan. Mulai dari es campur, es teh, berbagai macam gorengan, kolak pisang, lauk-pauk, dan tidak ketinggalan kurma. Waw banyak juga!

Saya, di Ramadan kali ini memilih untuk menyiapkan daftar menu berbuka puasa dari jauh-jauh hari. Saya membuat daftar menu untuk satu minggu sebelum saya ke pasar. Hal ini saya lakukan untuk memudahkan saya ketika di pasar, saya jadi tidak bingung-bingung lagi mau beli apa. Saya cukup membeli bahan makanan yang sesuai dengan resep menu yang telah saya buat sebelumnya. Bahan-bahan tersebut kemudian saya atur/susun dan melnyimpannya di kulkas, agar kesegarannya dapat terjaga.

Tidak hanya menu berbuka (lauk pauk) yang saya susun namun juga menu takjil yang akan saya sajikan. Saya membuat daftar menu pembuka/takjil yang bisa saya buat. Tentu menu yang saya pilih adalah menu yang tidak ribet agar waktu tak hanya habis di dapur. Beberapa minuman yang akan saya buat selama Ramadan adalah es teh, es lemon, matcha smooties, teh hangat, es buah, dan es teler. Sedangkan cemilan yang akan saya buat beberapa di antaranya kolak pisang, simple banana apple cake, bubur ketan, dan cake-cake lain yang ada di buku resep…wkwkwk. Semoga sih saya bisa mewujudkan rencana untuk membuat makanan-makanan tersebut.

Di hari pertama puasa ini saya memilih Ayam Bakar Taliwang sebagai menu buka puasa. Menu khas Lombok ini berhasil juga saya buat dengan rasa yang enak, persis dengan Ayam Bakar Taliwang langganan…uhuy!. Resep Ayam Bakar Taliwang ini saya nyontek dari buku resep Cooking with Love oleh Icha Irawan. Sebagai orang sasak asli rasanya harus bisa masak Ayam Bakar Taliwang, ya nggak sih? :D

This is it, Ayam Bakar Taliwang 
Nih saya tulis ulang resepnya ya, siapa tahu ada yang mau mencoba juga

AYAM BAKAR TALIWANG

BAHAN:

1 ekor ayam kampung
1 buah jeruk nipis
1 saset terasi
1 sdt bubuk kencur atau 3 cm kencur
2 sdm kecap manis
Garam

BAHAN HALUS:

5 buah cabai rawit merah
10 buah cabai merah keriting
10 siung bawang merah
5 siung bawang putih
4 buah kemiri
4 lembar daun jeruk
1 buah tomat besar matang
Air secukupnya

CARA MEMBUAT:

    1. Bersihkan ayam, belah 2 ayam lalu taburi perasan air jeruk nipis. Diamkan 10 menit lalu bilas dan sisihkan.
    2. Haluskan semua bahan halus. Lalu tumis hingga wangi tambahkan terasi, kencur serta kecap manis, masukkan ayam dan beri sedikit air. Ungkep hingga empuk, koreksi rasa.
3  3. Panggang ayang dengan oven grill suhu 2500C selama 5 menit atas dan 5 menit bawah atau bisa juga dengan panggangan apa saja.
      4. Sesekali siramkan bumbu sisa ungkepan ayam selagi dipanggang.
      5.  Sajikan ayam yang sudah dipanggang dan siramkan sedikit bumbu ungkep di atasnya.

Ayam Bakar Taliwang bersama pelengkapnya ~
Saya melengkapi Ayam Bakar Taliwang dengan pelecing kangkung dan beberok terong kacang panjang. Duh berasa makan di warung Ayam Bakar Taliwang langganan. Sedaaap. Pak suami sampai terkagum-kagum melihat saya menyajikan Ayam Bakar Taliwang. Selain lauk pauk tersebut, hari ini saya membuat matcha smoothies, teh hangat dan simple banana apple cake. Festive banget makannya…haha. Alhamdulillah bisa masak enak buat pak suami. Happy.

Simple Banana Apple Cake, homemade ~fresh from the oven
Btw, silahkan dicoba Ayam Bakar Taliwangnya. Lebih murah lho kalau dibandingin dengan makan di warung. Rasanya juga tidak kalah enak serta terjamin kebersihannya.

Much Love!

No comments:

Post a Comment