Friday, September 21, 2018

Dear Mahasiswa Baru


Saya tahu bagaimana rasanya jadi mahasiswa baru, campur aduk. Bersemangat, tapi minder. Ingin tahu tapi takut salah. Berani sekaligus takut. Excited sekali yang jelas. Rasanya bahagia akhirnya lepas dari bangku sekolah, lepas dari baju seragam, lepas dari pe-er pe-er. Padahal ternyata tugas sebagai mahasiswa jauh lebih besar dibandingkan sekedar pe-er matematika. Merasa lebih dewasa menjadi mahasiswa, di situlah tanggung jawab semakin besar untuk dipikul. Meski begitu kehidupan kampus selalu menyenangkan untuk dinikmati. Ruang ekspresi diri telah terbuka seluas-luasnya. Menjadi mahasiswa telah membuka jalan bagimu untuk belajar apa saja. Belajar tentang hidup!

Mengarungi dunia kampus susah-susah gampang. Ada usaha yang sesuai dan tepat yang harus diberkalukan agar perkuliahanmu sukses. Saya akan berbagi trik untuk kalian, agar kehidupan kampusmu berjalan lancar. Paling tidak kamu akan bisa melewatinya dengan rasa bahagia dan bangga. Simak yess ~

Jangan lupa keliling kampus

Meskipun pada saat ospek sudah diajakin keliling kampus sama panitia ospek kamu harus tetap keliling juga di awal masuk kuliah. Keliling kedua kalinya ini akan meningkatkan ingatan kamu tentang gedung-gedung kampus. Kamu harus tahu gedung mana yang jadi ruang kuliah, gedung laboratorium, gedung administrasi, kantin, musholla atau tempat parkir yang strategis.

Akrabkan diri dengan kakak tingkat

Kenalan dan dekat dengan kakak tingkat dijamin akan membawa banyak keuntungan untukmu. Syukur-syukur bisa jadi gebetan ….#ehem. Kamu bisa gampang copy materi kuliah, tanya-tanya tentang cara menghadapi dosen, sampai tanya tempat hangout yang asyik, bisa juga lho mereka jadi teman main yang menyenangkan.

Tunjukkan sikap yang menawan 

Di hari pertama kuliah, biasanya pasti dimulai dengan perkenalan. Hal yang nggak boleh kamu lupakan adalah kamu harus memberikan kesan yang terbaik di hadapan dosen kamu. Tentu saja kamu harus sopan dan aktif. Dosenmu pasti akan mengingatmu.

Temukan spot wifi-an terbaik kamu

“Wifi”….sesuatu yang paling dicari manusia abad 21, termasuk kamu kan. Di kampus kamu harus tahu dimana spot terbaik untuk wifi-an. Saat ini kampus-kampus sudah menyediakan wifi gratis untuk civitas akademika kampusnya. Internet pasti sangat kamu butuhkan untuk menyelesaikan tugas kuliah kamu nanti.

Harus aktif, biar eksis


Label mahasiswa tentu berbeda dengan label anak sekolahan. Kalau di sekolah kamu terbiasa terima “jadi” dari guru kamu, kalau di kampus jangan harap. Keaktifan kamu sebagai mahasiswa sangat diperlukan. Kamu juga harus aktif berpartisipasi di kampus, ikut organisasi kampus akan memperluas jaringan pertemanana kamu dan kamu juga bisa semakin eksis.

Miliki teman dekat/sahabat


Cari teman dekat di kampus yang bisa menjadi sahabat kamu dalam kondisi apapun. Dijamin hidupmu di kampus akan semakin penuh warna dan terasa lebih mudah. Kamu bisa melakukan apapun bersama sahabatmu, belajar bareng sampai main bareng.

Persiapkan buku-buku penunjang


Peran buku belum bisa digantikan. Buku-buku penunjang kuliah tetap harus kamu miliki demi kelancaran kamu dalam menerima materi kuliah.

Cari tempat makan murah dan enak sekitar kampus


Tempat makan murah dan enak pasti sangat penting bagi mahasiswa. Pastikan kamu tahu tempat-tempat makan yang murah, apalagi di sekitar kampus. Belajar lancar, urusan perut juga lancar.

Nah itulah segelintir tips dari saya ~ seorang mantan mahasiswa. Dulu jaman kuliah saya menerapkan ini dan terbukti berhasil. Saya bisa melewati kehidupan kampus dengan baik. Semua butuh perjuangan, yang penting jangan menyerah. Tetap semangat mahasiswa baru, dimanapun kalian berada. 

No comments:

Post a Comment