Thursday, November 17, 2022

Hokben; Makanan Hangat Dalam Kotak Yang Kini Hadir Di Kota Mataram



Saya mencicipi HokBen ketika sudah kuliah di Jogja. Karena ya, di Lombok belum ada HokBen. Perasaan excitednya masih terasa. Excited mencoba tempat makan yang belum ada di Lombok. Memilih menu sendiri lalu membayar di kasir. Saya suka Beef Yakiniku, Egg Chicken Roll, dan Ekkado. Dalam hati saya "wah, asyik nyobain makanan Jepang". Saat itu memang mikirnya HokBen adalah merk tempat makan yang berasal dari Jepang. Bukan orang yang menggandrungi Je-Jepangan tapi kadang penasaran aja mencicipi kulinernya.

Bagi saya, HokBen juga memiliki kenangan tersendiri. 

Ingatan saya melayang ke momen ketika abu vulkanik hasil letusan gunungapi Kelud menyelimuti Jogja. Iya, gunungapi Kelud di Jawa Timur meletus pada tahun 2014 dan angin menerbangkan abu vulkanik ke arah Jogja. Suasana pada saat itu langit Jogja gelap padahal jam sudah menunjukkan pukul 07.00 WIB. Kemudian secara perlahan abu vulkanik mulai turun mendarat di setiap permukaan; atap, jalan, kendaraan, pohon, daun, dll. Hampir seluruh wilayah tertutup abu vulkanik tebal. Abu vulkanik yang berwarna abu tersebut mencapai ketebalan 2 cm. Dampak dari abu vulkanik di Jogja adalah terhambatnya pasokan bahan makanan. Banyak bagian vital masayarakat yang lumpuh. Pasar tutup, pasokan sayur mayur lauk pauk terhambat. Yang tersisa hanya telur di warung langganan. Di situasi tersebut kebanyakan tempat makan tutup di Jalan Kaliurang, kebetulan kos saya di Jalan Kaliurang Km 4,5. Namun ada satu tempat makan yang tetap buka yaitu HokBen Kaliurang, yang ada di Jalan Kaliurang Km 5,5. 

Ekkado, Ebi Furai, Beef Yakiniku

Melihat HokBen buka saat itu seperti oase di tengah gurun sih, udah bosan makan telur gaes. Saya dan beberapa orang teman langsung meluncur ke HokBen. Wah nyampe sana sudah rame pol, antrian pelanggan sampai pintu luar lho. Saya antara senang dan khawatir. Khawatir enggak kebagian...wkwk. Tapi alhamdulillah kebagian juga. Lega banget rasanya waktu itu bisa makan makanan hangat dan enak. Duduk nyaman sambil ngobrol dengan teman teman. HokBen membuat kondisi darurat akibat abu vulkanik menjadi tidak terlalu menyedihkan.

Egg Chicken Roll, Chicken Yakiniku

Hoka Hoka Bento = HokBen

Kemarin di acara seminar Pentingnya Makanan Halal yang diselenggarakan oleh HokBen saya baru mengetahui dengan jelas kalau HokBen yang dulunya bernama Hoka Hoka Bento adalah 100% restoran asal Indonesia. Indonesia punya gitu loh. Hanya konsepnya saja yang mengusung tema Jepang. Restoran ini awal berdirinya tahun 1985 di bawah naungan PT Eka Bogantini yang restoran  pertamanya hadir di Jakarta Pusat. Kemudian seiring berjalannya waktu melebarkan sayap ke wilayah lain di Pulau Jawa, seperti di Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Malang, Sidoarjo. Di acara tersebut juga saya mengetahui fakta bahwa HokBen 100 persen halal, sudah terstandarisasi dan tersertifikasi halal. Mulai dari pemilihan bahan baku, proses pengolahan, sampai penyajiannya semuanya halal. Hal ini tentu saja menjadi keunggulan HokBen karena akan membuat pelanggan merasa tenang, aman dan nyaman untuk makan di HokBen. Sesuai dengan tagline acara tersebut #HokBenPastiAmanPastiHalal.

Foto Bersama Bloger Di Acara Seminar Pentingnya Makanan Halal HokBen

Eh iya pada tahu nggak sih, ternyata arti dari Hoka Hoka Bento adalah Makanan Hangat Dalam Kotak. Pantesan ya makanannya diletakkan di tempat makan berbentuk kotak, kayak bento ala Jepang. Kalau dulu restorannya bernama Hoka Hoka Bento kini namanya atau brandnya ganti menjadi HokBen. Rebranding ini dilakukan sejak 2013 dengan nama dan logo baru. Lalu juga mengubah nuansa restoran menjadi lebih segar, lebih hangat dan lebih nyaman. Pantesan di 2014 walaupun dengan abu vulkanik menutupi wilayah Jogja kami bisa tetap makan enak dan nyaman di HokBen. 

HokBen juga memiliki banyak fasilitas yang memudahkan pelanggan menikmati menu mereka. Mulai dari layanan delivery, dine in dan drive thru. Selain itu di HokBen juga bisa pesan dalam partai besar lho. Jadi bisa banget pesan buat acara penting kamu, ulang tahun, syukuran, acara kampus atau kantor dan lain sebagainya. Hal yang nggak kalah menarik dari HokBen adalah Hokben punya aplikasi yang memudahkan kita mantengin update terbaru soal Hokben, mulai dari ragam menu, promo menarik dan update lainnya terkait HokBen. Aplikasi ini bisa didonlot di playstore ataupun appstore lho. Buat pecinta Hokben garis keras mah nginstall aplikasi ini wajib :p 

Mau cek cek lebih lanjut bisa meluncur ke sosial media HokBen, lengkap, IG Twitter YouTube Tiktok website, ada semuaaaa ✨

Dream Come True 

Akhirnya HokBen buka outlet di Lombok gaes...yeay!. Senang banget sih dengar berita ini. Kayak semesta mendukung, dream come true gitu. Pasalnya, sebelumnya di chit chat yang ke sekian dengan teman saya kami ngomongin HokBen. Tentang HokBen yang belum ada di Lombok, padahal kan enak gitu. Kebetulan teman saya ini tinggal di Tangerang, dan dia pecinta HokBen. Jadi, setelah tahu kalau HokBen akan buka di Mataram bukan hanya saya yang girang tapi teman saya itu juga ikut senang. Kalau main ke Lombok bisa makan HokBen juga deh. 

HokBen Lombok Epicentrum Mall

Hokben akan buka tepatnya di Lombok Epicentrum, di Lower Ground samping KFC. Grand openingnya besok gaes, Jumat tanggal 18 November 2022. Dalam masa grand opening nggak mungkin dong kalau nggak bertabur merchandise dan promo menarik. Cusslah datang ajakin yang tersayang buat Cobain HokBen. Ssst...ini adalah outlet HokBen yang ke 327 lho. Mantap kan.

Saya sendiri bakalan ngajakin keluarga sih buat nyobain HokBen. Apalagi menu yang ada di HokBen banyak yang kids friendly. Si Kakak bisa makan nih dan pasti happy. Hal ini membuat saya memasukkan HokBen ke dalam daftar tempat makan favorit kalau sedang jalan jalan ke Epicentrum Mall. Luv.

2 comments:

  1. Halo, Bu Dosen!

    Salam kenal dari saya, sesama blogger Lombok nih!

    Hal yang paling saya suka kalau baca tulisan orang adalah pengalaman pribadinya. Apa pengalaman dia yang relate sama konten advertorial semacam ini. Hehehe ...

    Dan saya suka pas bagian Bu Dosen bisa terselamatkan perutnya dengan makan HokBen pas Merapi meletus. Pasti memorable banget ya ...

    Anyway, semoga kita berjumpa di acara kopdar blogger Lombok lagi ya, bu dosen.

    Yuhuuuu :D :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, mas Fatah, salam kenal :D

      Terima kasih sudah mampir ke sini. Yak betul sekali, jadi sama HokBen itu memorable banget. Menunya enak semua lagi, hihi.

      Amiiin, semoga bisa kopdar Blogger Lombok lagi ya :))

      Delete