Sunday, November 13, 2022

Ide Menu Bekal Sat Set Sat Set Untuk Anak PAUD



Tahun ini Katya mulai sekolah. Jangan bayangkan sekolah yang serius belajar calistung, berangkat tak boleh telat dan disiplin tingkat tinggi ya. Sekolahnya kebanyakan main sama teman teman. Karena Katya masuk kelas Kelompok Bermain A, untuk anak usia 2-3 tahun. Jadi ya isinya kebanyakan main, tapi mainnya terarah untuk mengasah motorik sensorik sosial anak. Kebetulan sekolahnya Katya mewajibkan murid bawa bekal sendiri dari rumah. Dan ada sesi makan bekal bersama. 

Selain Katya yang pertama kali punya pengalaman sekolah, ini juga jadi pengalam pertama bagi saya mendampingi anak sekolah. Mulai dari menyiapkan semua keperluannya sampai menyiapkan lingkungan yang mendukung rutinitas sekolahnya. Termasuk menyiapkan bekal yang akan Katya bawa. Menyipakan bekal memang bukan perkara baru buat saya. Dulu sebelum rempong dengan anak anak saya biasa menyiapkan bekal Pak suami buat makan siang di kantor. Jadi, bikin bekal sesuatu yang menyenangkan buat saya. Suka aja menyiapkan printilan sebagai bentuk perhatian bagi yang tersayang. 

Yang jadi pe er dalam menyiapkan bekal Katya adalah gimana menyiapkan variasi bekal supaya dia nggak bosan. Dan senang ketika buka bekal, lalu semangat ngabisin bekalnya. Walaupun kadang ekspektasi Ibu ketinggian ygy...haha. But, it's oke. Yang penting anaknya happy. Soal makan nanti bisa dilanjutkan di rumah. 

Prinsip saya dalam menyiapkan bekal anak adalah harus ada buah, lalu makanan yang asin dan yang manis. Tapi bukan snack snack pada umumnya ya. Saya berusaha tidak menyajikan snack snack yang biasa dilihat Katya di minimarket, takut efek samping berkepanjangan. Tapi kalau kepepet mah ngasi juga...huhu. Maap, Ibu tydack sempurna. 

bola bola nasi nori, nugget, dan anggur

Berbekal prinsip tersebut maka terciptalah beragam bekal sekolah Katya selama ini. Bekal yang tentu  mudah bin gampang Bun. Sat set sat set kelar gitu. Maklum buibu pagi hari rempong to the max, banyak kali kerjaannya. Ntar kalau kelamaan di dapur bisa berantakan yang lain. Apalagi ditambah ada adek yang juga butuh perhatian. 

Awal awal sekolah Katya tidak pernah bawa bekal nasi. Sampai suatu saat dia ikutan makan bekal temannya yang bawa nasi, dan dia doyan...wkwk. Akhirnya saya sering juga bekali dia nasi putih dengan lauk simple yang memang dia suka. Eh habis, tak bersisa. Wah mantap nih, kata saya. Pulang sekolah dia masih lumayan kenyang, minum susu lalu tidur siang. Meskipun drama dulu sebelum tidur *pijitkepalaibu*. 

nasi goreng, nugget, puding coklat dan anggur

Oh iya pasangan bekalnya Katya tentu saja air putih. Terbaik untuk melegakan tenggorokan, ya nggak si. Sepulang sekolah saya selalu cek kotak bekalnya apakah makanannya habis atau tidak. Lalu cek juga botol minumnya, minum banyak atau nggak, gitu. Sejauh ini, sejak pertama sekolah sampai sekarang bekal Katya tidak pernah bersisa banyak. Pasti dimakan, kalaupun nyisa sisanya cuma sedikit. Mungkin efek makan bareng dan ditemani Bu guru juga kali ya...hehe. Tapi, alhamdulillah banget tidak punya masalah soal perbekalan ini. 


nasi putih, sosis panggang, roti coklat, jeruk dan apel

mie goreng, puding oreo dan apel
Menunya gampang gampang kan, sediain yang pasti pasti dimakan anak ajalah...wkwk. Keinginan yang terdalam sih pengen hias hias bekal kayak yang bertebaran di instagram, tapi apa daya tangan tak sampai. Lagian anaknya masih KB, ntar printilan hias hiasnya pada hilang muluk lagi. Segini udah pas sih buat Katya, selama ini dia cocok, tak ada protes. Soalnya saya sering tanya Katya sepulang sekolah apakah dia suka atau tidak bekal yang Ibu siapkan. Alhamdulillah anaknya seringkali jawab suka, lalu cerita dah tu tadi gimana makan bekalnya di sekolah. 

tahu bakso, stik keju, puding roti, dan apel

Buat ibu ibu sekalian dilahkan dicoba di rumah, siapa tahu terinsiprasi kaan :))


No comments:

Post a Comment