Friday, May 5, 2023

Ibu Ibu Jaman Now; Konten Kreator Handal Dengan Internet Cepat



Setelah melahirkan bertambah lagi peran saya sebagai manusia. Tidak hanya jadi dosen tetapi juga menjadi ibu bagi dua anak balita saya. Peran baru ini membuat saya cukup keteteran di awal. Harus melakukan penyesuaian di sana sini. Saya yang senang bersosialisasi, berkomunitas, ketemu banyak orang, main ke pantai ke gunung dan lain sebagainya harus me-nge-rem diri dulu. Karena mau nggak mau ya jadi harus mikirin anak dulu. Mau main ke suatu tempat aja harus mikirin apakah tempatnya kids friendly atau tidak, jarak tempuhnya gimana dan lain lain. Intensitas ikut kegiatan dan ngumpul ngumpul bareng teman teman juga jauh berkurang. Harus milih milih tingkat prioritas, waktu dan tempatnya.

Saya merasa sangat sibuk dan kadang maunya sehari lebih dari 24 jam aja. Tapi tentu saja itu hanya angan angan belaka...wkwk. Di kepala itu rasanya penuh sama to do list, mikirin harus ini harus itu. Bangun dari ngaji subuh biar nggak brak bruk brak bruk. Bikin sarapan, nyiepin bekal, nyiepin baju, mandiin anak anak. Nyapu lantainya kapan?  ya nanti nanti kalau ada waktu hahaha. Pak suami juga tentu saja turun tangan bantuin. Biasanya Pak suami nemenin anak anak main ketika saya harus menyiapkan makan dan mandiin anak anak. Barulah beliau juga sarapan dan siap siap untuk ke kantor. 

Meski pekerjaan jadi dosen juga banyak tapi saya tetap merasa lebih sibuk dengan kerjaan rumah. Saya berusaha menyelesaikan pekerjaan kampus secepat mungkin biar nggak keteteran. Meski yah namanya juga manusia ada aja momen momen males dan ntar ntarannya. Jadi dosen jaman now tu banyak banget tuntutannya, saya kira dulu akan selow cuma perlu belajar eh ternyata banyak embel embelnya. Dan sebenarnya tidak hanya kerja di kampus tapi mau nggak mau tetap bawa kerjaan ke rumah. Misal nih ya kerjaan nulis artikel/jurnal ilmiah kebanyakan pasti dikerjakan di rumah atau curi curi waktu di kampus. Soalnya kalau di kampus mostly mengajar, bimbingan, rapat, kesana kemari dan ngerumpi...cailah sok sibuk wkwk. 

Dengan segudang aktifitas itu jelas banyak banget yang bisa dijadikan konten. Mau ngontenin masak masak bisa ~ kebetulan saya hobi nih, ngontenin bikin bekal bisa, ngontenin ide bermain anak bisa, ngontenin beberes rumah bisa, ngontenin soal dunia kampus bisa, sampai konten a day in my life bisa banget. Materinya banyak banget yaa yang tersedia. Saya selama ini bikin konten masih suka suka, belum menseriusi dan berkomitmen untuk membuat konten secara rutin. Karena eh karena masih males say, moodnya masih datang dan pergi. Mungkin karena kesibukan mengurus dunia nyata ini juga kali ya yang membuat upload konten suka suka. Salah satu kesenangan saya adalah menulis panjang lebar di blog ini ~ yang kalau nulis di sini saya serius banget mikirin isinya. 

Saya yakin ibu ibu meski tidak keluar rumah untuk "bekerja" punya materi konten yang sangat banyak. Kalau mau di eksplor bisa banget jadi sesuatu yang menarik, menghibur dan bermanfaat bagi orang lain. Saya senang melihat konten media sosial orang lain yang kontennya menjadi interest saya. Tentang dunia dosen/skripsi, tentang masak masak, tentang beberes rumah/daily routine, tentang ide bermain anak sampai financial management. Melihat konten beres beres rumah misalnya entah kenapa satisfying aja rasanya dan membuat saya ingin segera beres beres juga. Kalau konten masak-masak juga sama, membuat saya ingin bebikinan di dapur. 

Konten masak masak saya

Kalau yang ini konten #BekalNyonyaFatih :p


Ide bermain anak; bikin slime dari tepung tapioka :D

Saya yakin ibu ibu jaman now meski tidak keluar rumah untuk "bekerja" punya materi konten yang sangat banyak. Kalau mau di eksplor bisa banget jadi sesuatu yang menarik, menghibur dan bermanfaat bagi orang lain, apalagi kalau ditambah dengan adanya Internet  yang cepat. Karena hari gini kan nggak mungkin jadi konten kreator kalau nggak ada internet yang bisa memuat konten ke media sosial tanpa lelet. By the way, ngomong ngomong soal internet pasti sudah pada tahu kan kalau Telkom Indonesia punya Internet Provider bernama IndiHome. IndiHome yang jaringannya sudah sampai ke wilayah pelosok Indonesia bisa banget diakses darimana saja, keren banget kan. Jadi walaupun rumahmu ada di desa sudah bisa pakai layanan IndiHome lho. Pakai internet dari IndiHome pasti bisa mendukung ibu ibu jadi konten kreator handal. 

No comments:

Post a Comment