Monday, October 5, 2020

Adaptasi Kebiasaan Baru, Semua Serba Online

Rasanya tidak berlebihan jika saya mengatakan bahwa kelahiran Katya mengubah hidup saya. Nyaris di segala sisi. Semua aktivitas harian berubah, lebih banyak dari biasanya. Saya harus rela dengan jam tidur yang berkurang. Berkurangnya waktu untuk kumpul kumpul dengan teman teman. Nggak bisa bebas kemana saja, tentu saya harus memikirkan tempat tujuan apakah ramah anak atau tidak. Juga nggak bisa bebas belanja buat diri sendiri. Ya tentu saja yang pertama dibeli adalah keperluan anak. Apalagi baju baju anak perempuan itu gemes gemes banget ampun. Suka nggak tahan buat beli.

Kelahiran Katya yang di masa pandemi ini juga membuat saya lebih banyak di rumah. Bepergian ke luar rumah apalagi dengan membawa bayi memang sangat tidak disarankan. Saya Pun jadi sangat protektif. Nggak kebayang kalau salah satu dari kami harus sakit. Oleh sebab itulah saya memilih untuk di rumah saja. Meminimalisir bertemu orang orang dan ke tempat tempat umum. Keharusan di rumah saja ini membuat saya punya kebiasaan kebiasaan baru nih. Hal hal yang bisa dilakukan dari jarak jauh alias online. Bersyukur sih ada teknologi ini yang memudahkan saya dalam melakukan berbagai aktivitas. Saya bisa tetap dekat dengan Katya namun juga bisa tetap mengerjakan aktivitas lain termasuk mengisi perkuliahan.

Aktivitas online yang sekarang jadi kebiasaan baru saya adalah:

Beli Perlengkapan Katya Di Marketplace

Di saat nggak bisa kemana-mana seperti saat ini, belanja online adalah sebuah kemudahan yang sangat menyenangkan. Lewat online, mau beli apa saja bisa. Terutama keperluan Katya. Mulai dari pakaian, toiletries, mainan, sampai buku-buku anak. Saya yang dulu jarang banget belanja online sekarang sangat akrab dengan proses belanja secara online. Lama lama merasa nyaman dan terbiasa. Apalagi kalau di waktu waktu tertentu ada promo dan diskon. Wah Ibu girang banget. 

Baca-Baca Informasi Tentang Anak

Istilah kudet seharusnya tidak berlaku lagi di masa sekarang ini, apalagi kalau soal anak. Segala informasi tentang tumbuh kembang anak bertebaran di internet. Dan sangat mudah untuk tahu mana informasi yang valid, bukan hoax, asalkan tidak malas. Saya paling suka menonton sharing dokter dokter spesialis anak di Youtube atau mengikuti mereka di Instagram. Saat ini banyak para dokter spesialis anak yang mengedukasi masyarakat lewat akun instagram pribadi mereka. Ini sangat membantu bagi saya. Jadi nggak perlu setiap saat konsultasi ke dokter anak, kecuali untuk urusan darurat dan atau mendesak.

Nge-Blog Lewat Hape

Tentunya saya tidak bisa leluasa buka laptop untuk mengerjakan pekerjaan atau hanya untuk sekadar nge-blog. Kalau mau bebas ya hanya bisa malam hari atau menunggu Katya tidur di siang hari. Maka dari itu saya mulai nge-blog dengan menggunakan aplikasi blog di hape. Saya jadi bisa menulis draft postingan kapan saja dan dimana saja. Juga bisa menyimpannya terlebih dahulu jika belum selesai dan menyelesaikannya kapan saja. Biasanya sih selagi menyusui Katya saya bisa nyambi sambil ngeblog. 

Video Call-an dengan Keluarga dan Teman

Punya bayi dan pandemi begini adalah paket combo yang membuat terbatasnya ruang gerak saya. Saya tidak bisa sembarangan ke luar rumah ke tempat tempat umum dengan membawa Katya, tidak bisa juga bebas berkumpul dengan teman teman. Bertemu keluarga pun tidak bisa setiap saat demi saling menjaga satu sama lain. Akhirnya yang saya lakukan untuk mengobati rasa kangen adalah dengan video call. Bisa dikatakan saya cukup rajin video call-an dengan keluarga ataupun dengan teman. Lumayan bisa melihat wajah orang orang tersayang meski hanya lewat layar hape.

Ikut Webinar

Wah kayaknya saya sudah ikut belasan webinar, hampir bosan *ups. Webinar yang saya ikuti banyak yang berhubungan dengan pekerjaan saya sebagai dosen. Jika materinya sesuai dengan bidang keilmuan saya, maka selalu saya usahakan ikut. Tapi jika ada materi webinar di luar bidang saya namun menarik maka saya pun mendaftar. Lumayan untuk menambah pengetahuan. Ikut webinar kan nggak perlu selalu standby memunculkan video. Videonya bisa dinonaktifkan dan saya tetap bisa menemani Katya. Sertifikatnya lumayan buat pelaporan BKD (Beban Kinerja Dosen) ~ hehehe.

Ngisi Kuliah Online

Saya tidak menyangka kalau perkuliahan jarak jauh benar benar akan saya rasakan. Setiap institusi Perguruan Tinggi menyiapkan sistem terbaik untuk menghadapi perubahan besar ini, termasuk Universitas tempat saya bekerja. Mulai dari menyiapkan sarana perkuliahan online, SDM, dan kebijakan kebijakan terkait perkuliahan online. Wadaw ini agak pe-er sebenarnya karena perkuliahan secara online ini menambah pekerjaan karena saya harus membiasakan diri dengan sistem yang ada, menyiapkan materi dengan sangat detail, juga membiasakan mahasiswa dengan sistem yang baru ini. Meski begitu, di satu sisi saya bersyukur masih bisa bekerja dari rumah karena itu berarti bahwa saya tidak harus meninggalkan Katya. 

Saya menyadari betul bahwa kebiasaan kebiasaan baru tersebut sangat berhubungan erat dengan jaringan internet. Saya jadi membutuhkan jaringan internet yang murah dengan koneksi internet kencang dan kuota yang unlimited. Oleh sebab itulah saya sekarang menggunakan Kartu Perdana Internet #UnlimitedMAX dari Telkomsel. Bersyukur banget nemu dan beli kartu perdana internet #UnlimitedMAX dari telkomsel ini. Bisa bikin semangat online kapan saja, anti lemot lemot club, nggak ganggu cash flow bulanan lagi. Kebayang nggak sih kalau sedang webinar, lagi asyik asyik scroll instagram atau nonton youtube lalu tiba-tiba internet ngadat. Kesel nggak tuh.

By the way, kebiasaan kebiasaan baru tersebut sudah saya lakukan hampir tujuh bulan lamanya. Di awal sih susah, penyesuaian di sana sini. Tapi lama lama kok enak, nyaman dan terbiasa. Ternyata saya bisa beradaptasi dengan keadaan ini. Kalau dipikir pikir hal ini juga didukung sama jaringan internet yang oke. Jadi, buat kalian yang mau kebiasaan online tak terganggu buruan datang ke outlet terdekat untuk beli Kartu Perdana Internet #UnlimitedMAX atau cek di http://tsel.me/unlimitedmax. Mulai dari Rp 20.000 saja sudah bisa bikin kamu #GayaUnlimited.

Selamat mencoba!

1 comment:

  1. Belanja online itu penting banget si untuk menjaga kewarasan 🤣🤣

    ReplyDelete