Tuesday, June 23, 2020

Katya Empat Bulan

Tidak terasa sudah Bulan Juni, itu artinya Katya berumur empat bulan. Waw dua Bulan lagi makan...ehehe

Ternyata bayi kalau semakin besar semakin asyik diajak main, sudah bisa diuyel uyel lagi. Saya seringkali gregetan gemes sama Katya. Pengen cium cium terus, kalau lagi nggak mood sampai kesal dia...haha. Badannya makin besar, berat badannya terus bertambah, tinggi badannya apalagi. Katya jadi makin mantap kalau digendong tapi itu juga berarti bikin pegal yang gendong...hihi.
Katya di usianya yang empat Bulan ini tentu sudah bisa banyak hal. Semakin banyak suara suara yang ia keluarkan. Dan ya Katya juga sudah bisa tertawa. Ya ampun lucu sekali mendengar dia tertawa. Apalagi kalau digodain Bapaknya, dia bisa ngakak ngakak. Dia juga sudah bisa merasakan geli lho.

Katya semakin banyak gaya. Gaya tidurnya berubah ubah. Bisa muter 180 derajat. Dia merajai kasur, astagaaa. Ibu sama Bapak cuma numpang! ~ Kalau mimik juga sudah begaya. Tangannya nggak bisa diam, kaki juga selow aja naik naik di paha Ibu. Digendongpun udah nggak mau kayak newborn. Sukanya hadap depan atau hadap dada tukang gendong. Kalau ditolak keinginannya dia bisa kesal. Kadang Katya suka dipangku, dengan posisi dia duduk lalu dia akan berusaha menegakkan badan. Jarang banget dia mau senderan. Macam anak gede aja sih...wkwk. 

Katya juga akhir akhir ini selalu berusaha buat tengkurap. Kapanpun ada kesempatan dia langsung memiringkan badan dan mengambil posisi tengkurap. Tapi seringkali masih bingung bagaimana memindahkan tangan yang ditindihnya. Kadang berhasil sendiri, kadang saya beri sedikit bantuan. Di saat posisi tengkurap dia akan semangat menegakkan kepalanya. Tertarik meraih mainan di depannya. Lalu bingung untuk kembali terlentang...wkwk. Dari hasil ngobrol sama para ibu lain, kemampuan bayi tengkurap terlentang sendiri memang seringkali datang di waktu yang berbeda beda. Ada yang di usia enam Bulan baru mantap tengkurap terlentang sendiri. Asalkan terus di stimulasi pasti akan direspon oleh si bayi. 


Di usia ini, Katya juga semakin tertarik dengan suara suara dan benda benda bergerak. Kalau saya sengaja membuat bunyi bunyian dengan mulut, dia akan langsung terdiam dan memperhatikan. Sekalipun sedang mimik santai. Benda benda bergerak seringkali mencuri perhatiannya. Ketika diajak naik mobil, dia serius memperhatikan benda benda yang terlihat bergerak di luar mobil. Sudah nggak mau bobo lagi seperti saat newborn. Kecuali memang jamnya dia tidur. Permainan jari atau tangan yang saya buat di depannya juga selalu berhasil bikin dia anteng. Ekspresinya percampuran antara heran dan kagum gitu lho. 

Eh iyaa durasi mimiknya Katya juga semakin lama. Dan dia bisa main lumayan lama juga. Kalau dibaca baca si itu normal ya. Yang penting tetap susui bayi kapanpun dia mau, tawarkan bila perlu. Kalau di malam hari Katya bangun sebanyak empat kali untuk mimik terus tidur lagi. Biasanya dia akan tidur jam 9 Malam kalau setelah mandi sore sempat tidur. Tapi kalau tidak tidur sehabis mandi sore maka jam 7 malam aja dia sudah tidur. Hanya akan bangun untuk mimik. Tidur nyenyak sampai pagi.
Di umurnya yang empat Bulan, Katya menginjak Bumi untuk pertama kalinya. Minggu lalu diajakin ke Pantai. Terus nginjak pasir, merasakan air laut dan semilir angin Pantai. Ia tampat menikmati, nggak nangis ataupun rewel sama sekali. Yeay!

Tapi di luar semua itu, semakin banyak hal yang harus Ibu pelajari. Waw...karena ya deg degan kalau nggak punya pengetahuan dan ilmunya. Karena itu, nggak boleh malas baca, cari tahu dan sharing juga dengan ibu ibu lain.

Much love!
A.

No comments:

Post a Comment