Thursday, December 20, 2018

Kok Kamu Gemukan?


KOK KAMU GEMUKANCoba ngacung siapa yang sering dapat komentar kayak gini. Gimana rasanya? ~ kayaknya beragam sih ya, ada yang senang, ada yang sedih, ada yang sebel, ada yang marah.

Saya akhir-akhir ini sering nih dapat komentar kayak gini. Kalau lagi good mood sih bisa saya kasi senyuman sumringah dan mengomentari dengan senang hati. Tapi kalau lagi bad mood waw ku bisa jadi langsung kasi senyum sinis nan menyeringai macam mau nerkam, atau kujutekin itu orang yang komen, atau langsung ku komentarin balik itu badannya, biar adil body shamingnya ~ bodo amat *ketawajahat*.

Orang-orang kalau sudah kenal saya lama lalu ketemu sekarang pasti bakalan komentar “kok kamu gemukan”, terus ada lagi yang bilang saya gemuk banget, ya iyalah kita ketemu terakhir kapan sih. Jaman S1 saya Cuma 43 kg, kecil banget, pantas saja saya dibilang gemuk sekali. Waktu tesis mentok 48 kg, seharusnya orang ngerjain tesis kurus yak, lah aku malah naik berat badan ~ nasibku T_T. Setelah menikah naik 5 kg, hitung dah tu totalnya berapa…haha. Sepertinya omongan orang tentang menikah yang bikin gemuk itu benar. Berlaku banget di saya.

Gimana nggak naik berat badan kalau sering ditraktir makanan enak, terus tiba-tiba ada yang ngajakin makan atau bikin mie di jam 11 malam … ah nikmatnya menikah :p

Syukurnya sih saya nggak pernah kepikiran komentar orang tentang bentuk badan saya. Saya cukup ahli dalam bersikap bodo amat, sudah terlatih. Yang membuat saya mulai memikirkan kenaikan berat badan ini adalah baju-baju kesayangan yang sudah sesak…hiks. Ku sedih nggak bisa pake baju favorit, ku sedih nggak bisa leluasa pake celana favorit. Masih bisa sih dipake tapi jadi ngepas banget dan saya jadi tidak nyaman makenya. Terus jadi muncul pe-er baru yaitu harus beli baju atau celana baru yang berarti bahwa akan menambah pengeluaran. Nambah pengeluaran Cuma buat beli baju atau celana baru kok kayaknya nggak worth it banget. Boleh sih beli yang baru sesekali tapi kalau sering sering kan mikir juga. Tabungan untuk rencana masa depan berkurang dong *ceilah sok bijak*.

Selain itu saya juga jadi mikir, kalau berat badan naik terus jadi nggak sehat kan. Jadi mudah capek dan nggak bebas bergerak. Buat saya yang biasanya berberat badan kecil berat badan yang sekarang sudah bikin nggak sehat. Meskipun metabolisme tubuh masih normal dan lancar. Eh tapi dulu adik saya yang bidan itu pernah meramalkan kalau badan saya ini memang gampang gemuk, apalagi kalau sudah melahirkan katanya ~ ampun deh -___-

Saya seringkali dikira lagi hamil gegara kelihatan lebih berisi ~ padahal belum, doakan ya :)

Sebenarnya bukan saya saja yang mengalami kenaikan berat badan tapi juga pak suami, jadi ada temennya…haha. Tapi pak suami itu gampang banget turunnya, cukup puasa senin kamis tiga minggu aja langsung kurusan. Cukup olahraga ringat sehabis sholat langsung balik badannya. Sungguh ku iri…hiks. Terus pak suami ngajakin, yuk yang olahraga. Beliau sudah ngeh kalau istrinya mengalami kenaikan berat badan…wkwk.

Kemarin-kemarin sih masih males olahraga. Ada aja alasannya. Sempat olahraga dengan panduan yutube tapi tak berlangsung lama. Mau lari malas, nggak ada temennya, dan saya ngos-ngosan banget kalau lari. Mau sepedahan nggak punya sepeda. Pokoknya nyari alasan banget deh. Sampai akhirnya saya sadar bahwa di dekat rumah ada studio senam gitu. Dengan kepercayaan diri yang masih kurang saat itu, saya tanya-tanya ke studio itu tentang jadwal senam dan lain sebagainya. Maklum, saya sebelumnya tidak pernah ikut senam ataupun fitness dan sejenisnya. Bukan penyuka olahraga, cemen banget juga di olahraga, selalu berasa capek banget dan malas.

Setelah menentukan jadwal yang saya inginkan, maka datanglah saya untuk senam. Pertama saya nyobain aerobic, waw pertama tama saya merasa canggung, belum luwes ngikutin instruktur. Duh bikin bingung juga gerakannya, karena saya sama sekali tidak pernah ikut senam-senaman. Tapi setelah pertemuan selanjutnya saya bisa juga mengikuti gerakan instruktur. Dan ternyata seru, mengasyikkan. Saya bergairah untuk bergerak, apalagi banyak teman kan jadi merasa semangat. Selain aerobic saya juga sempat mencoba yoga. Ikut yoga pertama kali badan saya sampai cenut cenut pegel. Padahal ya gerakan yoga itu sederhana, tapi menggunakan badan sendiri sebagai beban dan harus hati-hati kalau tidak mau cedera. Tapi saya suka. Terakhir saya mencoba ikut zumba. Waw ini lebih asyik lagi ternyata, gerakannya nyantai tapi pakai power ngikutin musik. Kayak nge-dance gitu lho. Melihat teman-teman senam yang pada semangat-semangat senam membuat saya ikutan semangat. Ternyata saya menyukai olahraga yang banyak temannya saling lihat di cermin…haha. Terus bisa saling sharing pengalaman soal olahraga dan berat badan.

Baca Juga: Cara Mulai Nge-Blog

Saya ikut senam di studio sejak sekitar tiga bulan yang lalu tapi tidak rutin. Banyak bolongnya, kadang sehari dalam seminggu doang senamnya, kadang seminggupun tidak senam. Tapi lumayan sih saya merasakan efek senamnya. Saya jadi tidak mudah lelah, tidak mudah ngos-ngosan gitu lho. Badan juga jadi lebih berbentuk, tidak bungkuk dan mudah rileks. Body language sudah lumayan oke. Soal berat badan sih belum turun signifikan. Belum banyak turunnya, yaiyalah olahraganya masih bolong-bolong. Tapi olahraga saja nggak cukup sih, katanya juga harus menjaga makanan ~ kurangi karbohidrat dan gula *osiap, baik*.

Btw, pak suami merasakan manfaat dengan saya ikut senam. Dia support banget sih, sampai disiapin keperluan buat olahraganya. Ah senangnya. Kayaknya pak suami pengen banget istrinya langsing…haha. Etapi kadang dia bilang jangan kurus-kurus yang nanti pipinya hilang -,-. Dia nggak tahu apa kalau pipi chubby ini memang dari sononya. Badan kurus pipi tetap aja chubby.

Kalau saya olahraga dengan senam di studio, pak suami olahraga biasanya main tenis, bulu tangkis atau pingpong. Kadang juga olahraga ringan di rumah. Jadi kami punya pilihan masing-masing dalam olahraga. Eh iya doakan kami tetap konsisten olahraga ya, terutama saya. Bulan depan mau bayar perbulan supaya merasa rugi kalau tidak datang senam…haha.

Kalau kalian lagi suka olahraga apa?

No comments:

Post a Comment