Monday, November 5, 2018

Cara Mulai Nge-Blog



Banyak yang menyampaikan ke saya, ajarin ngeblog dong, ajarin nulis dong. Nah di postingan kali ini saya mau ngasitahu caranya nih. Simak yaaa

Jadi kalau mau ngeblog YA BIKINLAH DULU BLOGNYA … hahaha. Noh ampe saya capslock dan bold. Sama sih dengan yang mau belajar nulis, YA MULAI NULIS DONG. Tidak ada jawaban lain gaes. First thing first yang harus kalian lakukan kalau mau ngeblog dan nulis ya ayo dimulai. Gimana mau ngeblog kalau blognya saja nggak punya, gimana mau nulis kalau nggak mulai-mulai nulis.

Gimana caranya bikin blog? Gugellah sendiri yaa, banyak banget di internet (nggak membatu, wkwkwk). Terserah mau pakai platform apa, banyak yang gratis gaes, nggak perlu susah-susah. Paling-paling hanya butuh kuota internet dan kemauan. Bisa pakai wordpress, blogspot, tumblr, dan lain-lain. Untuk awal pakai saja dulu yang gratis domainnya, kalau memang mau serius atau profesional baru deh beli domain khusus buat blogmu. Saya sendiri setelah ngeblog selama empat tahun baru beli domain khusus, sampai beli template blog khususpun. Biar kerenan dikit blognya gitu, :p

Setelah punya blog yang diperlukan adalah mengisinya dengan tulisan. Maka mulailah menulis. Tulis saja apapun yang ingin kalian tulis. Nggak usah mikirin bagus atau jelek dulu. Nggak usah galau dengan pikiran-pikiran nanti ada yang baca atau nggak. JUST WRITE.


Gimana cara dapat ide tulisan? ~ tidak ada jawaban lain selain rajin-rajinlah membaca. Membaca itu bisa membuka pikiran, mengasah rasa, mengasah kita dalam mengolah kata, kita jadi tahu bahwa satu kata bisa punya banyak padanan kata, bisa punya kemampuan dalam memilih kata/diksi, sampai penggunaan tanda baca. Sumber bacaan bisa datang darimana saja, dari buku, dari blog-blog orang, dari majalah/koran dan sejenisnya. Banyaaaak, rasanya tidak ada alasan untuk tidak punya bahan bacaan hari ini, apalagi dengan smartphone di genggaman. Eh tapi ide tulisan juga bisa datang dari hasil kamu ke sana kemari, alias jalan-jalan. Jalan-jalannya nggak perlu jauh-jauh, karena ke pasar dekat rumah aja bisa jadi satu blogpost kok. Kegiatan setiap hari yang kamu lakukan juga bisa jadi tulisan di blog. Apa aja bisa jadi bahan tulisan pokoknya.

Kalau sudah begitu kalian butuh konsistensi untuk menulis, mengisi blogmu dengan tulisan-tulisan. Kalau memang niat kalian pasti akan merasa nagih untuk posting sesuatu di blog. Serius, karena sayapun dulu begitu. Awal bikin blog senang banget posting. Selalu cari-cari ide untuk ditulis di blog. Dalam satu bulan saya bisa posting 18 blogpost. Wow sayapun terpana melihat apa yang telah saya lakukan…haha. Ternyata saya pernah seniat itu.

Di luaran sana banyak sekali blog yang bisa jadi inspirasi. Banyak blog yang khusus membahas tema-tema tertentu. Misalnya blog tentang buku, film, makanan, travel, lingkungan, dekorasi, parenting, otomotif dan lain-lain. Ada juga blog yang berupa daily blog, jadi isi blog itu tentang kehidupan sehari-hari si empunya blog. Semacam journal gitulah, kayak blog saya ini. Kalian bisa memilih topik-topik apa yang ingin kalian bahas di blog. Sesuaikan saja dengan minat dan hobi kalian, biar nggak terlalu susah cari idenya, kan sudah bikin batasannya.

Percaya deh seiring konsistensi ngeblog kalian akan punya sense dalam menulis. Punya kemampuan dalam merangkai kata atau menceritakan sesuatu. Terus bisa banyak pengalaman terkait blogging, mulai dari job-job blogpost, jalan-jalan gratis, sampai bertemu teman-teman blogger yang kece. Senang? Ya iyalah. Saya bilang begini bukan tanpa sebab, karena sayalah buktinya.

Dulu awal-awal ngeblog mana peduli saya dengan tulisan-tulisan yang acak kadut. Isinya cuma curhatan-curhatan alay. Mana sempat mikir apakah tulisan ini bermanfaat untuk orang lain atau tidak, yang penting nulis dan posting di blog. Tapi setelah bertahun-tahun tulisan saya berubah menjadi lebih baik dari segala sisi. Lebih baik dalam pemilihan kata, dalam merangkai kata, dalam merumuskan ide tulisan, dalam editing foto untuk postingan, sampai memperbaiki tampilan blog, beli domain  dan template khusus demi kenyamanan pengunjung blog saya. Sayapun sudah menemukan gaya menulis blog yang saya rasa cocok dengan saya, yang membuat saya dan pembaca nyaman. Hal ini diakui oleh teman-teman yang mengikuti blog saya sejak awal. Konsistensi adalah prosesnya. Saya belajar dalam perjalanan nge-blog ini. Semua orang bisa belajar bukan?


Mengapa saya memilih blog, adalah karena blog memberikan saya ruang untuk menulis panjang lebar. Menulis blogpost melatih saya membuat tulisan-tulisan panjang tentang topik yang saya inginkan. Menjadi semacam kotak penyimpanan atau arsip untuk tulisan-tulisan saya, yang tentu saja bisa saya cari dengan mudah. Blog memberikan saya kenyamanan dan kebebasan untuk menulis. Uhuy!

Jadi, segeralah buat blogmu sendiri ~

No comments:

Post a Comment