Friday, October 20, 2017

JNE Ngajak Online, Langkah Nyata Mendukung UKM Di Mataram


Siapa yang tidak kenal dengan jasa pengiriman JNE?. Saya rasa semuanya sudah pada kenal ya, bahkan ada yang menjadikan JNE sebagai jasa pengiriman favorit. Termasuk saya *uhuk. JNE menjadi pilihan ketika mau mengirim barang ke luar daerah atau ketika membeli barang online. Selain karena gerai JNE mudah ditemukan, JNE juga menawarkan waktu pengiriman yang lebih cepat dibandingkan jasa pengiriman lainnya. Ditambah lagi JNE sudah bekerjasama dengan marketplace terkemuka Indonesia seperti shopee, tokopedia, lazada, blibli, bukalapak, elevania, dan zalora lho.


JNE Kini

Sejak didirikan pada tahun 1990, JNE yang kini memiliki 40.000 karyawan di seluruh Indonesia semakin memantapkan diri sebagai jasa pengiriman yang layak menjadi pilihan. Selama kurang lebih 26 tahun melayani pelanggan JNE telah berhasil melayani kebutuhan pelanggan baik retail customer maupun corporate customer dengan pelayanan maksimal. Betapa tidak, sebab JNE memiliki kapasitas pengiriman yang tidak tanggung-tanggung yaitu 16 juta paket dalam satu bulan. Dengan dukungan 7000 armada dari berbagai jenis kendaraan.

Kini, JNE mengalami peningkatan jumlah transaksi pengiriman pelanggan sebesar 30% - 40% setiap tahunnya. Hal ini disebabkan oleh pertumbuhan e-commerce yang diikuti perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang dimulai sejak tahun 2010 lalu. Terhitung sekitar 60% - 70% pengiriman JNE berasal dari pengiriman jual beli online atau e-commerce.

Dukungan JNE Untuk UKM

Melihat pesatnya pertumbuhan e-commerce, JNE secara kontinyu terus melakukan inovasi. Inovasi yang dilakukan JNE di antaranya inovasi dalam hal produk layanan dan program, senantiasa memberikan pelayanan yang maksimal pada seluruh proses, serta pengembangan dalam hal teknologi informasi dan komunikasi, termasuk di dalamnya infrasturktur dan jaringan.

E-commerce atau jual beli online memang tidak bisa dianggap sebelah mata saat ini. Perkembangannya harus dapat dijadikan peluang yang bagus bagi siapa saja. Peluang inilah yang diambil oleh JNE untuk ikut serta mengembangkan produk lokal melalui UKM UKM yang ada di daerah. JNE ingin berpartisipasi dalam mendorong pertumbuhan UKM di daerah agar tidak tergerus teknologi. Termasuk UKM UKM yang ada di Mataram NTB.


Melalui seminar JNE Ngajak Online yang diadakan di 18 kota di Indonesia, JNE mengajak para pelaku UKM untuk lebih aktif memanfaatkan teknologi informasi sebagai sarana promosi produk. Mataram termasuk menjadi salah satu kota diadakannya seminar JNE Ngajak Online. Acara yang merupakan rangkaian program untuk memeriahkan hari jadi JNE yang ke 27 ini berisi sharing pengalaman, ilmu, dan informasi kepada para pelaku UKM yang ada di Mataram. Bertempat di Hotel Puri Indah Mataram acara seminar berlangsung seru dan interaktif. Para peserta bersemangat mengikuti seminar, hal ini telihat dari diskusi yang dilakukan peserta dengan para narasumber. Hadir sebagai narasumber yaitu kepala JNE regional NTB, Kepala UPTD BP3ED Dinas Perdagangan NTB, dan Owner Indah Mutiara Lombok.

Digital marketing menjadi salah satu materi seminar yang diberikan. Para peserta yang merupakan pelaku UKM diberikan pemahaman tentang cara-cara maupun strategi pemasaran dan distribusi dari produk-produk yang dihasilkan. Mataram dipilih sebagai tempat diadakannya seminar ini adalah karena NTB merupakan salah satu wilayah dengan berbagai potensu, termasuk potensi produk-produk lokalnya yang tak kalah dengan tempat lain. Produk khas UKM NTB telah dijual ke berbagai daerah di seluruh Indonesia.


JNE telah berkomitmen untuk menjadi bagian dari pihak yang mendukung e-commerce dan UKM, dengan menghadirkan gerai JNE hingga ke pelosok kecamatan di seluruh Indonesia. Selain itu, bentuk dukungan nyata yang diberikan JNE adalah dengan memberikan peluang kemitraan/keagenan bagi pelaku UKM dan mendirikan PESONA (Pesanan Oleh Oleh Nusantara). Pesona adalah wadah bagi para pelaku UKM untuk mengembangkan usahanya dengan perluasan pangsa pasar. JNE ingin produk-produk UKM tersebar luas di seluruh Indonesia, bahkan hingga ke luar negeri. Menyambungkan para penjual, pelaku UKM dengan para pembeli mereka merupakan salah satu kebanggaan dan kebahagian bagi JNE.  Hal ini sesuai dengan tagline JNE yaitu Connecting Happines.

No comments:

Post a Comment