Monday, July 31, 2017

10 Cara Ampuh Untuk Usir Badmood

636077026454097156-308754135_8813468-happy-girl-wallpaper 
pict from theodysseyonline.com

Pasti setiap orang pernah mengalami yang namanya badmood. Saat-saat dimana kamu jadi males ngapa-ngapain, jadi be-te, bawaannya ingin marah-marah, dan bisa bikin kesal seharian. Fiuh.

Sebenarnya badmood ini tu suasana hati yang hanya sementara. Nggak pernah dengar sih ada orang yang badmood berhari-hari, berminggu-minggu atau berbulan-bulan. Paling banter juga seharian, ya kaaan?,. Jadi, badmood bisa banget diusir dengan cepat. Jangan tunggu sampai berjam-jam atau seharian. Kamu nggak mau kan kalau hari kamu berantakan hanya gara-gara badmood nggak jelas. Nih, saya kasi tips ampuh untuk mengusir segala bentuk badmood kamu.



1. Kenali Penyebabnya

Hal paling utama yang harus kamu tahu adalah kenali dulu apa yang menjadi penyebab badmood kamu. Mungkin kamu badmood gegara chat nggak dibales si dia, badmood gegara liat mantan bareng pacar barunya, badmood gegara uang jajan dari emak kurang, badmood gegara nilai ujian segitu doang, ataupun badmood gegara kamu laper banget tapi kulkas kosong....maaak. Jadi, gimana nih buat ngusirnya kalau kayak gini?

Tergantung situasi diri kamu masing-masing sebenarnya. Kalau kamu sudah tahu penyebabnya pasti kamu bisa menemukan solusinya.

2. Coba Rapikan Sekelilingmu

Saya pribadi, suka badmood kalau sekeliling saya nggak rapi alias berantakan. Ada baju-baju kotor bergelimpangan, buku-buku berhamburan, banyak barang-barang yang tidak pada tempatnya. Wajib hukumnya hal ini akan bikin saya badmood. Kamu gitu juga nggak?

Jadi sebelum saya kerja, sebelum melakukan aktivitas lainnya saya berusaha beres-beres dulu. Sayapun selalu berusaha menjaga kerapian supaya badmood nggak dekat-dekat. Soalnya kalau saya sudah badmood bahaya banget. Nggak bakalan kelar kerjaan yang lain. Bakalan "nyebeng" seharian. Bikin kesel deh liatnya.

3. Bangun Lebih Pagi

Bayangin deh kalau telat bangun, bakalan jadi buru-buru ngapa-ngapainnya (
ini bahasanya agak aneh deh). Bukan hanya itu, telat bangun juga bakalan bikin kamu pusing. Nah pusingnya ini yang bikin nggak enak badan dan nggak enak hati. Matahari sudah tinggi kamu malah baru bangun. Kan malu.

Jadi, jangan sampai kamu jadi badmood seharian karena telat bangun. Bangun lebih pagi bisa membuatmu lebih fresh, dijamin nggak bakalan bikin badmood.

4. Sarapan Dulu Gaes

Perut kosong itu biangnya badmood deh. Kalau perut sudah terisi dijamin badan kamu jadi lebih segar dan akan ber-impact ke suasana hati kamu. Kamu juga jadi siap kerja, belajar, main, hangout, atau yang lainnya. Kamu jadi siap menjalani hari.....uw...uw...uw.

5. Ceritakan Pada Orang Lain

Terkadang bercerita membuat kita menjadi lebih lega. Tak perlu dipendam sendiri. Tak baik untuk hidupmu, dek. Nggak papa kok cerita ke emak, bapak, adek, kakak, suami, istri, atau ke teman-teman kamu.

"Ya ampun bete deh mak, tadi abang rujaknya lupa naro mangga"

"Kesel, celana kesayangan kecipratan air got :("

......dan ungkapan badmood lainnya, ceritain aja sama orang rumah. Ntar juga dikasi nasihat. Mana tahu bikin suasana hati kamu jadi adem.

6. Tulislah!

Kali aja badmood kamu sudah sampai di ubun-ubun. KZL banget. Parahnya lagi kamu malu kalau harus cerita sama orang lain. Nggak apa-apa dear, tulislah. Coba ditulis apa itu yang bikin kamu kesal dan badmood. Menulis juga bisa membuat lebih lega lho. Percaya deh.

7. Piknik Atau Jalan-Jalan

Ada nggak sih orang yang tidak suka jalan-jalan?

Semoga nggak ada ya, karena jalan-jalan itu banyak sekali untungnya gaes (kapan-kapan saya post ah). Salah satu untungnya adalah bisa menghilangkan badmood kamu. Coba sekali-sekali main ke pantai, ke gunung, camping, ke air terjun, ke rumah nenek, ke rumah sodara, ke pasar, ke emoll dan lain-lainnya. Badan dan pikiranmu juga butuh lihat yang segar-segar lho. Dijamin nggak bikin badmood.

8. Baca Buku

Bagi yang suka buku, pasti pelarian terbaiknya adalah baca buku....hahaha. Hayo ngaku!

Kalau sudah tenggelam sama bacaan yang lain mah lewat. Termasuk si badmood badmood itu. Ya nggak? *wink*

9. Luangkan Waktu Bertemu Teman-Teman

Berkumpul bersama teman-teman itu bisa jadi obat badmood yang mujarab lho. Bisa bertukar cerita sambil rujakan, sambil ngopi-ngopi cantik, atau sambil jalan-jalan bareng. Seru banget kaaan. Jadi, ngapain pelihara badmood yang nggak penting.

10. Memasak

Hahaha....kenapa coba memasak jadi cara ampuh. Ini sih bagi saya ya, tapi siapa tahu di kamu juga berhasil. Kalau lagi bete-bete, badmood, ke dapur aja deh. Masak. Masak makanan yang mau dimakan. Kali aja mau makan nasi goreng super pedes, sampai bikin badmood hilang. Atau sekedar masak air buat bikin secangkir teh.

Gimana? Mau coba?

4 comments:

  1. Nah tulislah. Itu yang ampuh kayaknya. Seperti mba admin yang nulis ini karena badmood 😂😂😂

    ReplyDelete
  2. Hahaha.....jangan sering-sering tapi. Susah kalau badmood muluk

    ReplyDelete
  3. Klo badmood habis putus sama pacar gmana ya??

    ReplyDelete