Monday, July 11, 2016

Antara Waktu Luang Dan Meluangkan Waktu

azmi

Perbedaan antara waktu luang dan meluangkan waktu sebenarnya tipis, sehelai benang saja.

Nyaris tak terlihat jika tidak diperhatikan dengan seksama. Tapi dampaknya bisa sangat luar biasa. Waktu luang tak membutuhkan rencana yang matang ataupun rasa ingin yang menggebu. Ketika waktu luang datang, rencana bisa saja berubah. Sesuai dengan suasana hati atau godaan lainnya (sebut saja faktor x). Sedangkan meluangkan waktu adalah kebalikan dari waktu luang. Meluangkan waktu berarti secara sadar sebuah rencana dibuat. Ada perasaan sukacita dan keseriusan di dalamnya. Dengan meluangkan waktu berarti bahwa kamu telah membuat komitmen dan janji, paling tidak dengan dirimu sendiri, untuk menepatinya. Meluangkan waktu bisa membuat lebih bersemangat dan lebih terarah.


Ini berlaku untuk banyak hal dalam hidup.

Misalnya, jelas ada bedanya ketika kau meluangkan waktu untuk benar-benar belajar daripada belajar hanya di waktu luang, meluangkan waktu untuk menulis daripada hanya menulis di waktu luang, meluangkan waktu untuk berolahraga daripada hanya olahraga di waktu luang. Dan banyak lagi yang lainnya. Jelas akan berbeda hasilnya.

Jika dirunut lebih panjang hal ini bisa dihubungkan dengan  prioritasmu dalam hidup.

Meluangkan waktu untuk sesuatu bisa menunjukkan seberapa pentingnya hal – yang kau luangkan waktumu untuknya. Jika hal itu berarti maka tentu kau mau meluangkan waktumu, benar-benar merencanakan, dan bersemangat untuk melakukannya. Merasa senang melakukannya.

Sekarang kamu tinggal memilih antara waktu luang atau meluangkan waktu.

6 comments:

  1. Di paragraf 2, merasa tersindir jadinya.. sedalem Palung Mariana haha,

    ReplyDelete
  2. Kalau aku kadang meluangkan waktu untuk menulis. Tapi kadang juga di waktu luang aku meluangkan waktu untuk membaca dan memanfaatkan waktu luang itu untuk evaluasi diri.

    Hidup waktu

    ReplyDelete