Saturday, May 23, 2015

Sepotong Cerita Liburan: Bukit Pergasingan

Ini adalah kisah sepotong liburan di tanah kelahiran yang akhir-akhir ini menjadi banyak pembicaraan orang-orang. Menjadi destinasi wisata yang diperhitungkan banyak orang, Lombok. Yups....Lombok, tanah kelahiran saya. Setelah sekian lama hanya bisa melihat tempat-tempat wisata di Lombok yang baru saya tahu (tentu saja belum saya datangi), hanya dari foto-foto yang bertebaran di internet akhirnya saya berkesempatan untuk mengunjungi beberapa tempat.

Bersamaan dengan kepulangan saya ke Lombok untuk mengambil data penelitian tugas akhir saya, kesempatan untuk sekalian berlibur tidak saya lewatkan begitu saja. Ketika seorang teman ngajakin ngecamp dan berenang di laut langsung saya iyakan. Saya tidak mau melepaskan kesempatan liburan ini, pikir saya.

Salah satu tempat yang sedang ngehits saat ini di Lombok adalah bukit Pergasingan. Merupakan salah satu bukit yang berada di sekitar gunungapi Rinjani. Tingginya mencapai 1700 mdpl. Perjalanan ke puncaknya memakan waktu 3 jam. Jalanannya terjal dan berbatu. Butuh kondisi fisik yang kuat dan sehat untuk mendakinya. Dan sebagai seseorang yang tidak pernah naik gunung sekalipun ditambah jarang olahraga tentu saja saya ngos-ngosan ketika mendakinya. Saya benar-benar kewalahan. Puncaknya terlihat dekat dari bawah, namun ternyata jauh T,T

Gerbang masuk bukit Pergasingan

Ketika semangat naik masih menggebu \(^.^)/

Untung saja berkat semangat teman-teman rombongan yang disalurkan kepada saya, akhirnya saya bisa mencapai puncak Pergasingan. Jadi nama Pergasingan disematkan pada bukit ini karena di puncak bukit ini sering dijadikan arena pertandingan gasing (pada tau gasing kan?). Nah....barang siapa yang bisa menemukan gasing yang jatuh ke bawah bukit akan mendapatkan hadiah. Dan tentu saja gasing yang bertahan di atas bukit adalah pemenangnya.

Rombongan kami mencapai puncak ketika langit sudah gelap karena kami berangkat naik pada sore hari. Namun terasa sangat luar biasa ketika di atas puncak karena kami melihat pemandangan yang menakjubkan yaitu langit yang penuh dengan bintang. Berkilauan. Luar biasa. Saya bisa menikmati cantiknya langit malam itu namun tidak dengan dinginnya udara. Dinginnya gak nyantai banget. Saya benar-benar kedinginan, ditambah lagi karena jaket yang saya pakai tipis, bukan jaket gunung yang dipakai banyak orang. Kasian...Hiks.
IMG_9540Ini nih pemandangan langit malam yang tersaji di puncak Pergasingan :))

Esok paginya, setelah melewati malam yang dingin dan tidur yang tidak nyenyak kami menikmati matahari terbit...cihuy...liat sunrise dari atas puncak bukit. Ini adalah pengalaman pertama saya. Mataharinya gak kalah cakep dengan bintang-bintang semalam. Ohya tentu saja harus ngecamp di atas bukit untuk bisa melihat sunrise yang cantik ini.

IMG_9573Sunrise dari atas bukit :))

Teman baru yang kece badai dari Makassar, Kak Windah :D

Nah...itulah secuil cerita liburan ke bukit Pergasingan, Lombok.

Cerita berenang di pantai akan saya ceritakan pada postingan selanjutnya yaa (sok penting...hehe) (^.^)\/

3 comments:

1. Mb mau tanya penginapan apa yang dekat dengan Bukit Pergangsingan?

ReplyDelete
  2. selalu seru kalau bukit pergasingan.
    salam kenal yaaa, saya dr Lombok juga hehehe