Sunday, April 21, 2013

Sasak Day

Gambar


Akhirnya Sabtu (20/04/2013) kemarin bisa ngerasa kayak lagi di kampung halaman, gara-gara nonton acara nyongkolan :D. Ikatan Keluarga pelajar dan mahasiswa yang berada di Yogyakarta mengadakan acara spesial yaitu "Sasak Day". Seperti diketahui bahwa sasak adalah nama suku yang mendiami Pulau Lombok (NTB). Dalam acara ini ditampilkan kebudayaan yang berasal dari Lombok. Dimulai dengan karnaval nyongkolan sampai wayang sasak, seperti yang bisa dilihat di poster di atas :) . Acara ini membawa misi penting, selain untuk menunjukkan kepada masayarakat luas bagaimana kebudayaan sasak (Lombok) #sambil mengobati kangen para pelajar dan mahasiswa Lombok akan kampung halaman, juga dimaksudkan untuk memberikan pesan damai bahwa anak Lombok itu enggak suka  kerusuhan, datang ke jogja untuk menuntut ilmu dan berpartisipasi dalam pengembangan pariwisata. Selain Mahasiswa Lombok , para mahsiswa dari daerah lain juga ikut berpartisipasi seperti Sumbawa, Bima, Kalimantan, Padang dan Jawa Barat.

Waktu acara saya cuma bisa nonton, hehe... , nonton acara nyongkolannya aja lagi, karena ada agenda selanjutnya jadi enggak bisa ikutin acaranya sampai selesai. Bisa dibilang acaranya sukses, masyarakat sangat antusias melihat acara, kamera ada dimana-mana untuk mengabadikan acara Sasak Day. Saya juga dapat beberapa foto yang akan saya bagi, tapi fotonya rada-rada jelek #maklum bukan fotographer...hehe

DSCI3461 - Copy


DSCI3463 - Copy DSCI3466


DSCI3469 - Copy  DSCI3473 - Copy


 Nyongkolan merupakan rangkaian adat perkawinan sasak, yaitu ketika iring-iringan pengantin laki-laki mengunjungi rumah pengantin perempuan setelah terlaksananya ijab kabul dan resepsi pernikahan, yang juga wajib ada pada acara ini adalah Gendang Beleq (Gendang Besar) yang mengiringi iring-iringan pengantin, para dayang menggunakan baju tradisional sasak yang dinamakan lambung yang berwarna hitam :)


No comments:

Post a Comment