Sunday, April 21, 2013

Earth Day

Kalau tanggal 21 April diperingati sebagai hari kartini bagi orang Indonesia, maka sehari setelahnya yaitu tanggal 22 April dikenal sebagai hari bumi (Earth Day) atau bisa dikatakan hari lingkungan hidup yang diperingati secara internasional. Hari bumi ini awalnya dicetuskan oleh seorang pengajar lingkungan hidup Gaylord Nelson pada tahun 1970, dengan tujuan meningkatkan kesadaran dan apresiasi manusia terhadap planet yang ditinggalinya selama ini yaitu Bumi. Peringatan Earth Day menandai lahirnya sebuah pergerakan kepedulian terhadap lingkungan sekitar.

Pada dasarnya menjaga Bumi dan lingkungan adalah kewajiban dan tanggung jawab setiap manusia sebagai makhluk yang berakal. Karena Bumi merupakan satu-satunya tempat yang bisa ditinggali oleh manusia sampai saat ini, jadi bisa dibilang enggak ada penggantinya. Maka dari itu sudah seharusnya kita harus menjaga agar Bumi kita dapat diteruskan kepada anak cucu generasi penerus kita sebagai tempat tinggal yang nyaman.

Saat ini eksploitasi terhadap Bumi sudah semakin parah, tanpa memperhatikan kelanjutan dari sistem yang dieksploitasi. Kerusakan ada dimana-mana ditandai banyaknya bencana yang terjadi. Memang bencana kadang terjadi secara tiba-tiba, tanpa bisa diprediksi, namun kita masih bisa mengurangi tingkat kejadiannya karena saat ini semakin banyak bencana yang terjadi akibat dari tingkah manusia sendiri.

Bnayak hal yang bisa dilakukan untuk menyelamatkan Bumi kita, seperti melakukan penghematan air, listrik, mengolah sampah, menanam pohon dan masih banyak yang lainnya. Hal ini bisa kita lakukan kalau kita mau, dan harus mulai dari diri kita masing-masing. Semoga kita semakin sadar dengan lingkungan sekitar kita, bukankah kalau lingkungan kita nyaman kita pun akan senang? :D , dan seharusnya setiap hari itu adalah hari bumi, menjaga bumi bukan cuma di tanggal 22 April saja. Menjaga bumi adalah tanggung jawab kita dan tanggung jawab itu bukan lisan tapi aksi, So Show your action for our Earth :)

2 comments:

  1. Waah.. artikel yg menarik (ˇ▽ˇ)
    Ditunggu kunjungan baliknya ya

    http://nidahrs.blogspot.com
    Kunjungan kaka sangat berarti buat blog baru saya :)

    ReplyDelete